EFEKTIVITAS PROJECT METHOD TERHADAP CREATIVE THINKING ANAK USIA 5-6 TAHUN

Hanik Ika Rohmawati, Muhammad Munif Syamsudin, Warananingtyas Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan project method terhadap creative thinking anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta. Sampel yang terpilih adalah 48 anak, 24 anak sebagai kelompok kontrol dan 24 anak sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dengan sampling sistematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik behavioral checklist. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan Levene Test Of Equality Varience, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara project method terhadap creative thinking anak usia 5-6 tahun. Anak yang dibelajarkan melalui project method memiliki kemampuan creative thinking yang lebih baik dibanding anak yang tidak dibelajarkan dengan project method.


Kata kunci : project method, creative thinking.

References

Ersoy, E., & Başer, N. (2014). The Effects of Problem-Based Learning Method in Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3494 – 3498. Available online at www.sciencedirect.com

Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index 2015. Toronto: Martin Prosperity Institute.

Gencer, A. A., & Gonen, M. (2015). Examination of The Effects of Reggio Emilia Based Projects on Preschool Children’s Creative Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 456 – 460. Available online at www.sciencedirect.com

Hornáčkováa, V., Kyralová, V., Plachá, G., & Jiroutová, L. (2014). Projecting and Methods of Active Learning in Primary and Pre-Primary. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112, 806 – 812. Available online at www.sciencedirect.com

Ismail, A. (2006). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogjakarta: Pilar Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Tahun 2014 No. 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Robson, S. (2014). The Analyzing Children's Creative Thinking Framework: Development of An Observation-led Approach to Identifying and Analyzing Young Children Creative Thinking. British Educational Research Journal, 40, 121-134. doi:10.1002/berj.3033

Robson, S., & Rowe, V. (2012). Observing Young Children’s Creative Thinking: Engagement, Involvement and Persistence. International Journal of Early Years Education, 349-364.

Sunito, Indira dkk. (2013). Metaphorming Beberapa Strategi Creative thinking. Jakarta Barat: Indeks.

Triling, B., & Fadel, C. (2009). Twenty-first Century Skills: Learning for Life in Our Time. San Francisco: Jossey-Bass.

Unutkan, Ö. P. (2009). The Effectiveness of Improved Global Warming Project for 5-6 Year-Old. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1146–1150.

Watson, R. &. (2012). Strategi Pengajaran Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Woolfolk, Anita. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.