Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelompok B Di Paud Palma, Banjarsari, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

Candra Cahyadi, Djaelani Djaelani, Ruli Hafidah

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara konsentrasi belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada kelompok B di PAUD PALMA, Banjarsari, Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif nonexperimental, dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah anak yang berada dalam populasi hanya berjumlah 21. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan menghafal Al-Qur’an dan observasi terstruktur dengan menggunakan check list behavior konsentrasi belajar. Dari uji hipotsis koefisien korelasi didapatkan nilai rhitung 0,414. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan konsentrasi belajar karena besaran koefisien korelasi tidak sama dengan ( ≠ ) 0. Oleh karena itu hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa“Ada Hubungan Antara Konsentrasi Belajar dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Kelompok B di PAUD PALMA, Banjarsari, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Selain itu, arah korelasi juga menunjukan arah positif (+), sehingga dapat diartikan semakin tinggi variabel X akan diikuti pula kenaikan variabel Y, begitupun sebaliknya.


Kata Kunci: konsentrasi belajar, kemampuan menghafal Al-Qur’an

References

Ahsin, W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ambarnianti, M. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tandur Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B di Tk Putra Harapan Bojonegoro. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, H. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nastiti, N. A. (2015). Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Daya Ingat Anak Di Tk Islam Mardisiwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammdiyah, Surakarta.

Nawaz, N., Syeda, P., & Jahangir, F. (2015). Effects of Memorizing Quran by Heart ( Hifz ) On Later Academic Achievement, 3(1), 58–64. http://doi.org/10.15640/jisc.v3n1a8

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58. (2009). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 146. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Purwanto, S. (2007). Hubungan Daya Ingat Jangka Pendek dan Kecerdasan dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, 19(1), 70–83.

Qosim, A. (2015). Sebulan Hafal Al-Qur’an. Surakarta: Zam-zam.

Sayyid, S.A. (2012). Balitapun Menghafal Al-Quran. Surakarta: Tinta Media.

Surya, H. (2003). Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.