PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI KEGIATAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK/RA MASYITOH IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Iud Puspita Wijianingsih, Ruli Hafidah, Yudianto Sujana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta yang berjumlah 19 anak. Sumber data berasal dari guru, anak, kepala sekolah, orang tua, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 dari prasiklus ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal anak dalam keterampilan bercerita pada prasiklus adalah sebesar 6 anak atau 31,58% yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 9 anak atau 47,37% mencapai ketuntasan dalam keterampilan bercerita. Pada siklus II ketuntasan klasikal pada keterampilan bercerita anak meningkat menjadi 15 anak atau 78,95%. Simpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016


Kata kunci: keterampilan bercerita, kegiatan sains, metode eksperimen

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Tuma Pustaka.

Asmani, J, M. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva Press.

Bachri, B, S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: DepdiknasDirjenPT.

Dhieni, N. Fridani, L. Yanul, G. Kusniaty, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009. (2010). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Samodra, D. (2015). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Krendowahono Gondangrejo Kranganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014 dari Skripsi Penelitian tindakan kelas Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003. Standart Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.