PENERAPAN PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) UNTUK ANAK USIA DINI

Desi Nurjayanti, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program TPA untuk anak usia dini di rusunawa Jurug Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.. Informan dalam penelitian ini adalah wali santri dan pengelola TPA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif (Miles and Huberman). Hasil penelitian ini yaitu program TPA rusunawa Jurug menggunakan kurikulum yang mengacu pada pedoman dari kementerian agama dengan ditambahi mutatan lokal rusunawa Jurug. Kegiatan pengelolaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap administrasi, pembelajaran, dan pendanaan. Kegiatan pembelajaran TPA dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 16.00-20.00. Program  TPA dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini melalui pembiasaan dan materi yang diajarkan di TPA.

References

Ardy, Novan Wiyani (2013). Pendidikan agama islam berbasis pendidikan karakter, Bandung: Rosdakarya.

Budiyanto, dkk. (2008). panduan praktis pengelolaan (tka-tpa, tkal-tpal, dan tpa) cetakan ke 2. Yogyakarta: Balai LITBANG LPTQ Nasional Yayasan.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik: panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA . Bandung: Rosda.

Diane, E. Papalia. (2009). Human Development.Jakarta: Salemba Humanika

Hurlock, B Elizabeth. (1978). Child Development Sixrh Edition. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama: Airlangga.

Ishak. (2012). Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Non Formal: Rajawali Pers.

Malik, Hatta Abdul. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Alhusma Pasadena Semarang. Jurnal IAIN Walisongo. Semarang: IAIN Walisongo.

Mansyur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyana Rohmat, (2004), Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: CV Armico.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137. (2013). Standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146. (2014). Kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Priyadi, dkk. (2013). Peningkatan mutu pembelajaran taman pendidikan al qur’an dengan pembuatan kurikulum tpa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Jakarta: Universitas Islam Indonesia.

Rahmat, Abdul. (2017). Managemen pendidikan nonformal. Ponorogo: Penerbit Wade.

Sapendi. (2015). Internalisasi nilai-nilai moral agama pada anak usia dini. Jakarta: Atturats.

Sudjana, D. (2003). Pendidikan luar sekolah. Jakarta: Falah Production.

Syamsu, Ibnu. (2010). Pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya dalam masyarakat. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tridjata, Caecilia. (2014). Wawasan seni dan pendidikan kesenian di taman kanak-kanak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.