PENINGKATAN KEMANDIRIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PERTIWI SIDAMULIH TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui model
pembelajaran kontekstual pada anak kelompok B1 TK Pertiwi Sidamulih tahun
pelajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemandirian pada anak kelompok B1 TK
Pertiwi Sidamulih tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Kemandirian, Model Pembelajaran kontekstual
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, Kementrian
Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.
Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Direktorat Pembinaan TK dan SD, Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009
Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Muthmainah, A. N. (2013). Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Alat Permainan Edukatif Aku Bisa Pada Anak Tk A4 Paud Al-Azam Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan, IKIP PGRI, Semarang.
Rohmah, T. (2013). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut.
Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Yamin, M. & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.