PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA ANAK KELOMPOK A TK SIWI PENI XI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Anak Kelompok A TK Siwi
Peni XI Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi teknik.
Analisis data terdiri dari, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara melalui model pembelajaran
Kooperatif tipe Team Games Tournament.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT)
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika
Aditama.
Fikriyati & Mirroh. (2013). Perkembangan Anak Usia Dini (Golden Age). Yogyakarta: Laras
Media Prima.
Sepu.F (2011). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team
Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas
IV Semester II Di Sekolah Dasar Negeri Randuacir 01. Di unduh 20 maret 2014. Dari
http://resposiory.library.uksw. edu.jspui/bitsream/123456789/2191/3/T1 292008252
BAB%20II.pdf
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar
Peserta Didik). Pekan Baru: Pustaka Belajar.
Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru).
Bandung: PT Raja Gravindo Persada.
Saddhono, K. & Slamet, S.Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia
(Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwanti.
Sari,C.P. (2011). peningkatan kemampuan berbicara melalui strategi bernyanyi pada anak kelompok A TK
Pancasila Kecamatan Karang Pilang Surabaya. Diunduh 14 Februari 2014. Dari Ejournal.
Unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1809.
Suarjana. (2000). Kelebihan dam Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT.
Diunduh 20 maret 2014. http://www.wawanlistyawan.com/2016/06/ modelpembelajarankooperatif-
gotong.html
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Kota: CV ALFABETA.
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung:
Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.