UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan
kinestetik anak kelompok A TK Al-Huda Kerten Kecamatan Laweyan tahun pelajaran
2013/2014 dengan menggunakan permainan tradisional engklek. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dan setiap siklusnya merupakan perbaikan yang didasari atas hasil refleksi
dari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional engklek dapat
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok A TK Al-Huda tahun pelajaran
2013/2014 dengan perolehan nilai ketuntasan pada prasiklus 6 anak (35,3%), siklus pertama
terdapat 9 anak (52,94%), dan pada siklus kedua terdapat 15 anak (88,24%).
Kata kunci : kecerdasan kinestetik, permainan tradisional engklek
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbari, H., Abdoli, B., Shafizaeh, M., Khalaji, H., Hajihossaeini, S., & Ziaee, V. (2009). The
Effect of Traditional Games in Fundamental Motor Skill Development in 7-9 Year-Old
Boys. Iranian Journal of Pediatrics, 19 (2), 123-129.
Budiningsih, A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.
Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Terj. Multiple Inteligensi. Batam : Interaksara.
(Buku asli diterbitkan 1983).
Iswinarti. (2010) Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Untuk Anak Usia
Sekolah Dasar.
Kartika, S. (2012) Pengembangan Permainan Jejak Kaki Untuk Meningkatkan Kecerdasan
Kinestetik Anak. Diperoleh 28 Juli 2013, dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php
/KSDP/article/view/23609.
Parviainen, J. (2010). Choreographing Resistances: Spatial–Kinaesthetic Intelligence and
Bodily Knowledge as Political Tools in Activist Work. Mobilities Jurnal, 5 (3), 311-
Pontjopoetro, S. (2003). Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yudha, A. (2007). Kenapa Guru Harus Kreatif . Jakarta : DAR! Mizan
Ratigan, P. (2006, November). An Interdisciplinary Twist on Traditional Games.
Interdisciplinary Curriculum. Sujiono, Y. N. & Sujiono, B. (2010) Bermain Kreatif
Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Indeks.
Yudha, A. (2007). Kenapa Guru Harus Kreatif . Jakarta : DAR! Mizan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.