UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nur Aeni, Amir Amir, Joko Daryanto

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan
kinestetik anak kelompok A TK Al-Huda Kerten Kecamatan Laweyan tahun pelajaran
2013/2014 dengan menggunakan permainan tradisional engklek. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dan setiap siklusnya merupakan perbaikan yang didasari atas hasil refleksi
dari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional engklek dapat
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok A TK Al-Huda tahun pelajaran
2013/2014 dengan perolehan nilai ketuntasan pada prasiklus 6 anak (35,3%), siklus pertama
terdapat 9 anak (52,94%), dan pada siklus kedua terdapat 15 anak (88,24%).


Kata kunci : kecerdasan kinestetik, permainan tradisional engklek

References

Akbari, H., Abdoli, B., Shafizaeh, M., Khalaji, H., Hajihossaeini, S., & Ziaee, V. (2009). The

Effect of Traditional Games in Fundamental Motor Skill Development in 7-9 Year-Old

Boys. Iranian Journal of Pediatrics, 19 (2), 123-129.

Budiningsih, A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Terj. Multiple Inteligensi. Batam : Interaksara.

(Buku asli diterbitkan 1983).

Iswinarti. (2010) Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Untuk Anak Usia

Sekolah Dasar.

Kartika, S. (2012) Pengembangan Permainan Jejak Kaki Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Kinestetik Anak. Diperoleh 28 Juli 2013, dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php

/KSDP/article/view/23609.

Parviainen, J. (2010). Choreographing Resistances: Spatial–Kinaesthetic Intelligence and

Bodily Knowledge as Political Tools in Activist Work. Mobilities Jurnal, 5 (3), 311-

Pontjopoetro, S. (2003). Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yudha, A. (2007). Kenapa Guru Harus Kreatif . Jakarta : DAR! Mizan

Ratigan, P. (2006, November). An Interdisciplinary Twist on Traditional Games.

Interdisciplinary Curriculum. Sujiono, Y. N. & Sujiono, B. (2010) Bermain Kreatif

Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Indeks.

Yudha, A. (2007). Kenapa Guru Harus Kreatif . Jakarta : DAR! Mizan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.