PENERAPAN PERMAINAN PINDAH KAMAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A TK TAMAN PUTERA MANGKUNAGARAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri pada anak kelompok A melalui permainan pindah kamar TK Taman Putera
Mangkunagaran Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan
tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan
dokumentasi. Teknil analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Tagartyang terdiri dari tiga
komponen analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan – kesimpulan
penarikan atau verifikasi. Adanya persentase peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri anak dari kondisi awal 4 anak (36,4%) yang tuntas, 7 anak (63,6%) yang tidak
tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan tetapi masih belum mencapai hasil yang
diharapkan yaitu 7 anak (63,6%) yang tuntas, 4 anak (36,4%)yang tidak tuntas, kemudian
pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sesuai dengan hasil yang diharapkan
yaitu 9 anak (81,8%) yang tuntas, 2 anak (18,2%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan Penerapan Permainan Pindah Kamar meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Taman Putera Mangkunagaran Tahub
Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Permainan Pindah Kamar, Pengenalan Geometr,Perkembangan Kognitif Anak
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aslan, D., & Arnas, Y.A. (2007). Three- to six-year-old children’s recognition of geometric
shapes. International Journal of Research in Childhood Education. 15(1). 83
Chard, D.J., Baker, S.K., Clarke, B., Jungjohann, K., Davis, K., & Smolkowst, K. (2008).
Preventing Early Mathematics Difficulties : The Feasibility of a Rigorous
Kindergarden Mathematics Curriculum. Learning Disability Quarterly. 31(1). 11
Clements, D.H., & Sarama, J. (2000). The Earliest Geometry. The National Council of
Teachers of Mathematics, Inc. www.nctm.org. All rights reserved.Diperoleh 22 April
http://gse.buffalo.edu/org/buildingblocks/writings/Earliest%20Geometry.pdf
Hidayatullah, M.F. (2008). Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta : Lembaga
Pengembangan Pendidikan UNS
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta : PT.
Rineka Cipta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Seefeldt, C. & Wasik, A.B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2(alih oleh Pius Nasar).
PT Macanan Jaya Cemerlang
Slamet. Y. (2006). Metode Penelitian Sosial. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.
Jakarta : Kencana
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak – Kanak. Jakarta :
Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.