PENERAPAN PERMAINAN PINDAH KAMAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A TK TAMAN PUTERA MANGKUNAGARAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Yulinda Wahyuningtyas, Dakir Dakir, Sularmi Sularmi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri pada anak kelompok A melalui permainan pindah kamar TK Taman Putera
Mangkunagaran Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan
tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan
dokumentasi. Teknil analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Tagartyang terdiri dari tiga
komponen analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan – kesimpulan
penarikan atau verifikasi. Adanya persentase peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri anak dari kondisi awal 4 anak (36,4%) yang tuntas, 7 anak (63,6%) yang tidak
tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan tetapi masih belum mencapai hasil yang
diharapkan yaitu 7 anak (63,6%) yang tuntas, 4 anak (36,4%)yang tidak tuntas, kemudian
pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sesuai dengan hasil yang diharapkan
yaitu 9 anak (81,8%) yang tuntas, 2 anak (18,2%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan Penerapan Permainan Pindah Kamar meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Taman Putera Mangkunagaran Tahub
Ajaran 2013/2014.


Kata Kunci : Permainan Pindah Kamar, Pengenalan Geometr,Perkembangan Kognitif Anak

References

Aslan, D., & Arnas, Y.A. (2007). Three- to six-year-old children’s recognition of geometric

shapes. International Journal of Research in Childhood Education. 15(1). 83

Chard, D.J., Baker, S.K., Clarke, B., Jungjohann, K., Davis, K., & Smolkowst, K. (2008).

Preventing Early Mathematics Difficulties : The Feasibility of a Rigorous

Kindergarden Mathematics Curriculum. Learning Disability Quarterly. 31(1). 11

Clements, D.H., & Sarama, J. (2000). The Earliest Geometry. The National Council of

Teachers of Mathematics, Inc. www.nctm.org. All rights reserved.Diperoleh 22 April

http://gse.buffalo.edu/org/buildingblocks/writings/Earliest%20Geometry.pdf

Hidayatullah, M.F. (2008). Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta : Lembaga

Pengembangan Pendidikan UNS

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta : PT.

Rineka Cipta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Seefeldt, C. & Wasik, A.B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2(alih oleh Pius Nasar).

PT Macanan Jaya Cemerlang

Slamet. Y. (2006). Metode Penelitian Sosial. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.

Jakarta : Kencana

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak – Kanak. Jakarta :

Kencana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.