PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Erni Sevti Arliani, Yulianti Yulianti, Idam Ragil Widiyanto Atmojo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui
kegiatan mencetak gambar pada anak kelompok B TK Merpati Pos Surakarta tahun ajaran
2013/12014 melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan
kemampuan motorik halus mencetak gambar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus mencetak gambar pada anak kelompok B TK
Merpati Pos Surakarta tahun ajaran 2013/12014


Kata kunci : pembelajaran kontektual, motorik halus, mencetak gambar

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aqib, Z. (2013). Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual ( inovatif).

Bandung : Cv Yrama Widya

Departeman Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman bidang pengembangan fisik/motorik

ditaman kanak- kanak. Jakarta : Depdiknas

Fikriyati, M. (2013) perkembangan anak usia emas (golden age). Yogyakarta: Laras Media

Prima

Johnson, B. E. (2012). Contextual teaching and learning. Bandung : MLC

Pekerti, W. (2005). Metode pengembangan seni. Jakarta : Universitas Terbuka

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009 Tentang

Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Pendidikan Sistem Pendidikan Nasional

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shaifuddin, M.( 2009). Pengentar pendidikan seni rupa. Salatiga : Widya Sari Press Salatiga

Sugiyanto. (2009). Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta : FKIP UNS

Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok : Holistica Lombok

Suprijono, A. (2012). Cooperive Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Trianto . (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual dikelas. Jakarta: Pustaka Publisher

Refbacks

  • There are currently no refbacks.