PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui
kegiatan mencetak gambar pada anak kelompok B TK Merpati Pos Surakarta tahun ajaran
2013/12014 melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan
kemampuan motorik halus mencetak gambar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus mencetak gambar pada anak kelompok B TK
Merpati Pos Surakarta tahun ajaran 2013/12014
Kata kunci : pembelajaran kontektual, motorik halus, mencetak gambar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aqib, Z. (2013). Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual ( inovatif).
Bandung : Cv Yrama Widya
Departeman Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman bidang pengembangan fisik/motorik
ditaman kanak- kanak. Jakarta : Depdiknas
Fikriyati, M. (2013) perkembangan anak usia emas (golden age). Yogyakarta: Laras Media
Prima
Johnson, B. E. (2012). Contextual teaching and learning. Bandung : MLC
Pekerti, W. (2005). Metode pengembangan seni. Jakarta : Universitas Terbuka
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009 Tentang
Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Pendidikan Sistem Pendidikan Nasional
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shaifuddin, M.( 2009). Pengentar pendidikan seni rupa. Salatiga : Widya Sari Press Salatiga
Sugiyanto. (2009). Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta : FKIP UNS
Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok : Holistica Lombok
Suprijono, A. (2012). Cooperive Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Trianto . (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual dikelas. Jakarta: Pustaka Publisher
Refbacks
- There are currently no refbacks.