Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Membedakan Suara Melalui Media Audio Visual pada Anak Kelompok B2 TK Islam Permata Hati Jajar SurakartaTahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif membedakan suara
setelah dilakukan tindakan dengan penggunaan media audio visual pada anak kelompok
B2 pada TK Islam Permata Hari Jajar Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B2
dengan jumlah 22 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan yang terdiri dari dua
kali pertemuan. Hasil penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah penggunaan media audio visual
pada kemampuan kognitif membedakan suara anak pada siklus I mencapai 55,00% dan
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,36%.
Kata kunci : media audio visual, kognitif membedakan suara
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Z. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: CV Yiama
Widya.
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Fakultas Keguruaan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S., B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem. Jakarta: Pelestari Pustakaraya.
Mulyasa, E. (2008) Kurikulum Berbasis Kopotensi Konsep, Karakteristik, Implementasi dan
Inovasi. Bandung : PT .Remaja Rosdakarya Perpus.
Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta.: Gaung Persada Press.
Ngadino, Y. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran .Surakarta: Pendidikan Gurun
FKIP UNS.
Sera, A. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pengenalan
Keterampilan Menulis Permulaan Pada Anak Kelompok B2 TK Kemala
Bhayangkari 85 Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Sebelas Maret,
Surakarta.
Suharso & Renoningsih, A. ( 2009) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya
Karya.
Sujiono, Nurani, Y. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Penerbit Universitas
Terbuka.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan
Madani.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek .
Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
UU Sisdiknas. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.