Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Sukarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Novi Wulandari, Hasan Mahfud, Matsuri Matsuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik melalui
metode bernyanyi pada anak kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta Tahun Pelajaran
2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari hasil siklus sebelumnya. Setiap
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan
verbal-linguistik anak kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.


Kata Kunci: kecerdasan verbal-linguistik, metode bernyanyi

References

Barnawi & Wiyani, N.A. (2012). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dzikriana, D. (2013). Metode bernyanyi dalam pengenalam mufradat bahasa arab pada anak

usia dini. Diperoleh 29 Januari 2013. Dari

http://riandzikriana.wordpress.com/perkuliahan/makalah-bahasa-indonesia/

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Batam: Interaksara

Fadlillah, M & Khorida, L.M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media.

Gunadi, T. (2010). Optimalkan Otak Kanan-Kiri Otak Tengah Otak Kecil. Jakarta: Penebar

Plus+.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Jasmine, J. (2007). Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk Implementasi Multiple

Intelegences. Bandung: NUANSA.

Listyowati, U.J.M. (2012). Penggunaan Metode Menyanyi Bahasa Jerman Dalam

Pembelajaran Bahasa Jerman Di Kelas X-3 Sma Laboratorium Universitas Negeri

Malang. Diperoleh 29 Januari 2014. Dari

http://younscientist.blogspot.com/2011/01/penguasaan-kosakata.html

Masitoh, Djoehari, H., & Setiasih, O. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Pekerti, W. (2007). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sujiono, Y.N & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT

Indeks.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruuz Media.

Yusuf, S & Nurihsan, J. (2006). Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.