IMPLEMENTASI METODE READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NUR RAHIMAH BANJARBARU TAHUN AJARAN 2013/2014

Febri Yuridnir Rahimah, Rukayah Rukayah, Hadiyah Hadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita dengan
mengimplementasikan metode Read Aloud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat
tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan
data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan
tes unjuk kerja. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
metode. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif
dan analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Read
Aloud dapat meningkatkan kemampuan bercerita serta keefektifan pembelajaran.


Kata kunci: Read Aloud, Kemampuan bercerita.

References

Amour, Melissa J. (2003). Connecting Children’s Stories to Children’s Literature:

Meeting Diversity Needs. Early Childhood Education Journal. 31(1). 24-51.

Bachri, Bachtiar. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak,

Teknikdan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Craig, S., Hull, K., Haggart, Ann G., & Crowder, E. (2001). Storytelling Addressing the

Literacy Needs of Diverse Learners. Teaching exceptional children. 33(5). 46-

McGee, Lea M.,& Schickedanz, Judith A.(2007). Repeated Interactive Read-Alouds in

Preschool and Kindergarten. International Reading Association, 60 (8), 742-

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Weaver, Constance. (1990). Understanding Whole Language. Toronto: Irwin

Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.