PENINGKATAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 TAHUN AJARAN 2013/2014

Wening Probo Siwi, Peduk Rintayati, Sularmi Sularmi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan pengenalan membaca
permulaan melalui alat permainan edukatif kotak alfabet pada anak kelompok B TK Kemala
Bhayangkari 55 tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Pengambilan data menggunakan wawancara,
observasi, unjuk kerja/penugasan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan APE Kotak
Alfabet dapat meningkatkan pengenalan membaca permulaan pada anak kelompok B. Hal ini
dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada
pratindakan sebesar 40%, siklus I 50%, siklus II 65%, dan siklus III 85%. Seiring dengan
peningkatan tersebut keaktifan anak dan kemampuan guru mengajar meningkat. Simpulan
dari penelitian ini adalah APE Kotak Alfabet dapat meningkatkan pengenalan membaca
permulaan pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata kunci: membaca permulaan, APE Kotak Alfabet

References

Huda, A. (2009). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Pendekatan Pengalaman

Berbahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar. Diperoleh dari

http://hudaita.blogspot.com/2009/01/pembelajaran-membaca-permulaan-dengan.html

pada tanggal 10 Agustus 2013.

Kholifah, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kotak

Baba pada Kelompok B Di Tk Al- Hikmah Rungkut Surabaya. Surabaya: Skripsi

Dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Prastiwi, W. (2011). Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan

Kemampuan Mengenal Membaca dan Menulis Permulaan untuk Anak Usia Dini di

TK N Pembina Cawas Kelompok B Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Skripsi

Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.

Solchan, Mulyati, Y., & Syarif, M. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.

Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Zaman, B., Hernawan, H. A., & Eliyawati, C. (2009). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.