PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIFAT-SIFAT AIR PADA ANAK KELOMPOK B TK TAMAN PUTERA MANGKUNAGARAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Yeyen Pristina Kusuma Perdana, Peduk Rintayati, Siti Istiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal sifat-sifat
air dengan penerapan metode eksperimen pada anak kelompok B TK Taman Putera
Mangkunagaran Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Taman Putera
Mangkunagaran Surakarta yang berjumlah sepuluh anak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, pemberian tugas, dan dokumentasi. Validitas data
yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen
dapat meningkatkan kemampuan mengenal sifat-sifat air pada anak kelompok B TK Taman
Putera Mangkunagaran Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata kunci: Metode eksperimen, Sifat-sifat air

References

Arisandha, P. (2012). Pengembangan Pemahaman Konsep Sains Melalui Metode Eksperimen

Pada Anak Prasekolah TK Pertiwi Leksana Karangkobar Banjarnegara. Diperoleh 24

Juli 2013, dari http://eprints.uny.ac.id

Dogru, M., & Seker, F. (2012). The Effect of Science Activities on Concept Acquisition of

Age 5-6 Children Groups. Educational Consultancy and Research Center, 3011-3024.

Diperoleh 12 Januari 2014, dari http://content.ebscohost.com.

Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan

Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Masriyah, A. (2010). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Sains

Permulaan pada Anak Didik Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar. Diperoleh

Agustus 2013, dari http://library.um.ac.id.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudono, A., Setiani, Intasari & Trimiastuti. (2007). Permainan Kreatif untuk Anak Usia Dini.

Jakarta: PT penerbitan Sarana Bobo.

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.