UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN STORYTELLING DENGAN MEDIA AUDIO PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sitti Risma Musliha, Hadi Mulyono, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mennyimak anak dan mendeskripsikan hasil penerapan storytelling dengan media audio pada anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal persentase ketuntasan anak mencapai 43,75%, pada siklus I persentase ketuntasan anak mencapai 62,5%, pada siklus II persentase ketuntasan anak mencapai 81,25%, dan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan storytelling dengan media audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A TK Al-Huda Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata kunci: Kemampuan menyimak, storytelling dengan media audio, anak TK Kelompok A

References

Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Anitah, S. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Ellen, L.E. (2010). Listening, language, and learning: skills of highly qualified listening and spoken language specialists in educational settings. 110 (2), 169-178.

Farris, P.J. (2007). Language Arts: Process, Product, And Assessment (5th ed.). Illinois: Waveland Press.

Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hermawan, H. (2012). Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Marley, C.S., Szabo, Z. (2010). Improving Children’s Listening Comprehension With A Manipulation Strategy. Journal of Educational Research, 103, 227–238.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar Paud. Yogyakarta: Laksana.

Ngadino (2009). Pengembangan Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Saddhono, K., Slamet, St.Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tavil, M., Soylemez, A.S. (2008). Vocabulary Teaching Through Storytelling To Very Young Learners In Kindergartens. Journal of Academy, 12 (35), 371-382.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.