PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Mutiara Nursinta, Sukarno Sukarno, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui bermain konstruktif pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Surakarta. Rancangan pada penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas eksperimen. Uji statistik menggunakan SPSS. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A3 yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan untuk validitas instrumen digunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Surakarta.


Keywords: bentuk geometri, bermain konstruktif

References

Aslan, D. & Arnas, Y.A. (2007). Three-to Six-Year-Old Children’s Recognition of Geometric Shapes. International Journal of Early Years Education. 15(1). 83-104

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Hurlock, E.B. (2005).Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Kustika.(2012). Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Angka Melalui Bermain Konstruktif di Kelompok A TK Masyithoh Kategan, Patalan, Jetis, Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Lestari, A.W. (2012). Penerapan Mengenal Konsep Bangun Geometri Melalui Kegiatan Bermain Meronce Sebagai Upaya Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Anggrek Sidoarjo. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Lee, S.A., Sovrano, V.A. & Spelke, E.S. (2011).Navigation as a Source of Geometric Knowledge: Young Children’s Use of Length, Angle, Distance, and Direction in a Reorientation Task. Journal of Cognition.123 (2012). 144–161

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Park, B., Chae, J.L. & Boyd, B.F. (2008).Young Children's Block Play and Mathematical Learning. Journal of Research in Childhood Education. 23(2). 157

Widoyoko, E.P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.