Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Bowling Anak Kelompok A TK Eka Puri Mandiri I Manahan Tahun Ajaran 2013/2014

Nunung Ela Ambar Rini, Kartono Kartono, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan bowling pada anak dan mendiskripsikan implementasi penerapan permainan bowling dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Esperimetal selama dua siklus, dalam tiga tahap, yaitu perencanaan; penerapan tindakan dan observasi; dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Eka Puri Mandiri Manahan pada semester II tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 21 anak yang memiliki kemampuan mengenal bilangan yang rendah dan masih aktif sekolah. Hasil penelitian ini adalah penerapan permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak kelompok A TK Eka Puri Mandiri I Manahan dengan hasil nilai rata-rata tes diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes sebelum tindakan, setelah tindakan siklus I dan siklus II.


Keywords: Kemampuan mengenal bilangan, permainan bowling, PTK Eksperimental

References

Brown, Cecelia. M., & Murphy T. J. (2000). Research in undergraduate mathematics education. Reference Services Review, 28 (1), 65-80. Diperoleh pada 23 Juli 2013, dari http://www.emerald-library.com.

Ramscar M. D. M., Popick H. M., O'Donnell-McCarthy. (2011). The Enigma of Number: Why Children Find the Meanings of Even Small Number Words Hard to Learn and How We Can Help Them Do Better. ProQuest Agriculture Journals. 6 (7). Diperoleh pada 4 Januari 2014, dari http://search.proquest.com/docview/1306225735?accountid=62693.

Kayvan, U. (2009). 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta: Mediakita.

Musfiroh, T. (2005). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas Paizaluddin & Ermalinda. (2013). Peneitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.

Santosa, S. (2011). Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.