PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS MELON KECAMATAN BANJARSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

Ririn Listyawati, Sadiman Sadiman, Ruli Hafidah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kemandirian anak kelompok A TK se-Gugus Melon Kecamatan Banjarsari tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu between-subject design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK se-Gugus Melon Kecamatan Banjarsari Surakarta. Sampel pada penelitian ini adalah 2 (dua) TK yang terdiri atas 42 anak, 21 anak sebagai kelompok eksperimen dan 21 anak sebagai kelompok kontrol. Selain itu, 18 anak diambil sebagai kelompok uji coba instrument. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random assigment. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan yang pokok adalah Observasi. Observasi digunakan untuk mengukur kemandirian anak. Analisis data menggunakan t-Test dengan SPSS 17 for windows.

Kata kunci: kemandirian anak, pemberian reward.

References

Barret, M & Boggiano, K. (1988) Fostering Extrinsic Orientations: Use Of Reward Strategies To Motivativate Children. Journal of Social and Clinical Psychology. ¾(6). 293-309).

Budiyono. (2004). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Desmita, (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Dinar, P.W. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta.

Dwi P, K dan Jannah, M. (2013). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assalam Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 3(1).

Fadlillah, M. (2013) Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ar-ruzz Media: Jogjakarta.

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru. Algesindo: Bandung.

Hurlock, E.B. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kartono, K. (1990). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung; CV.Mandar Maju.

Manispal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Gramedia.

Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Putri, H.R & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 1(4) 274-284.

Sardiman. (2001). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seriati, N.N. & Hayati, N. (2010). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan. FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sung-Chang, Ryoo J. (2011). An Analysis Of Practical Autonomy in Education; The Case Of Korean Self-Directed Learning Policy. Korean Educational Development Institute. 8(2). 345-363.

Suwarto & Slamet. (2007). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.

Umar F, Asef. (2010). Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.