PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA DIORAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK MARSUDISIWI LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Maswiyah Maswiyah, Lies Lestari, Warananingtyas Palupi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal persentase ketuntasan anak mencapai 23,1%, pada siklus I persentase ketuntasan anak mencapai 38,5% pada siklus II persentase ketuntasan anak mencapai 84,6%, dan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media diorama dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Marsudisiwi Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Media Diorama Anak TK Kelompok A

References

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Ningtyas. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kolase Berbahan Alam pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU Khadijah Nganjuk. Diakses pada tanggal 01 februari 2013. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/19540

Fikriyati, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas.Jogjakarta: Laras Media Prima.

Permendikns. (2009). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Kustandi, C & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.