Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Anak Kelompok A3 TK Tarbiyatul Banin II Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2013/ 2014

Hertiana Yuni Kharismawati, samidi Samidi, Yudianto Sujana

Abstract

Abstrak

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada anak kelompok A3 TK Tarbiyatul Banin II Salatiga Tahun 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A3 TK Tarbiyatul Banin II Salatiga yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A3 TK Tarbiyatul Banin II Salatiga. Skor rata-rata keterampilan berbicara anak pada pra siklus adalah 48,07 yakni sebesar 23,8% atau 5 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I skor rata-rata keterampilan berbicara anak mencapai 54,8 yakni sebesar 57,1% atau 12 anak yang mencapai nilai tuntas. Dilanjutkan ke siklus II skor rata-rata 84,3 yakni sebesar 90,4% atau 19 anak yang mencapai nilai tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A3 TK Tarbiyatul Banin II Salatiga Tahun Ajaran 2013-2014.

References

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan. Jurnal Pendidikan, diperoleh 6 Februari 2014, dari http//portalgaruda.org.

Slamet, St. Y. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yennita, Afriani, M.R., & Rahmad, M. (2010). Motivasi Belajar Fisika Siswa Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Melalui Penerapan Model Talking Stick. Jurnal Geliga Sains, 4 (1), 8-11, 2010. Diperoleh 6 Februari 2014, dari http//portalgaruda.org.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.