PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI BOLA BASKET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Bangkit Pradaya, Idam Ragil Widianto Admojo, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan
modifikasi bola basket pada anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Manggis Lalung Karanganyar tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 19 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui permainan modifikasi bola basket,
anak dapat menjaga keseimbangan diatas satu kaki dengan kegiatan engklek, anak dapat menangkap bola dengan kedua
tangannya, anak dapat melompat sejauh 40 cm menggunakan dua kaki secara bersamaan, dan anak dapat memasukkan
bola ke dalam keranjang. Hasil penelitian peningkatan persentase ketuntasan kemampuan motorik kasar anak siklus I
diperoleh 52,63% atau 10 anak, siklus II diperoleh 68,42% atau 13 anak dan siklus III diperoleh 84,21% atau 16 anak.
Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan modifikasi bola basket dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Manggis Lalung Karanganyar tahun
ajaran 2018/2019.
Katakunci: motorik kasar, modifikasi bola basket, anak usia 5-6 tahun
Abstract

This research aims to find out the improvement of rough motor ability in children by using modified basketball game on children at 5-6  years old in TK Aisyah Manggis Lalung Karanganyar student year 2018/2019. The form of this research was quantitative and qualitative approach. The subject of this research was children at 5-6 years old. They were amounts 19 children and consist of 12 girls and 7 boys. The data source was teacher and children. The data were collected by using observation, interview, performance, and documentation. The data were validated by source and technical triangulation. The result of this research showed that using modified basketball game, the children was able to keep the balance by one leg, in engklek activity, to catch the basketball in together, and to put in the basketball into ring. The result of this research in first cycle was gotten 52,63% or 10 children, 68,42% or 13 children in second cycle, and 84,21% or 16 children in third cycle. Based on those datas, this research was concluded that by using the modified basketball game was able to improve the rough motor ability in children at 5-6 years old in TK Aisyah Manggis Lalung Karanganyar Student Year 2018/2019

Keywords:rough motor ability, modified basketball game, children at 5-6 years old

Full Text:

PDF

References

Breslin, dkk. (2012). The effect of teachers trained in a fundamental movement skills programme on children’s self-perceptions and motor competence. European Phsycial Education Riview, 18 (1), 114-126.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. DIVA Press. Jogjakarta

Dewi I.K., dan Andajani S.J., (2018). Efektivitas permainan basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK. Jurnal PAUD Teratai, 7 (2).

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muslichan Zakarsih). Jakarta: Erlangga.

Husdarta, (2013). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Oliver, J. (2017). Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung: pakar raya.

Papalia, D. E., dkk., (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. (Alih Bahasa:Fitriana Wuri Herarti).Jakarta: Salemba Humanika.

Rohendi dan Seba. (2017). Perkembangan Motorik Pengantar Teori Dan Aplikasinya Dalam Belajar. Bandung: Alfabeta.

Rose, dkk. (2015). Does motor competence affect self-perceptions differently for adolescent males and females?. Journal of Sport and Health Science, 15 (3), 1-9.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT.Prenada Media Group.

Thobald, M. (2017). Children’s Perspectives Of Play And Learning For Educational Practice. “Education sciences . www.mdpi.com/journal/education”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.