UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PRACTICAL LIFE ACTIVITY PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui practical life activity pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek yang diteliti yaitu anak yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 19 anak pada kelompok B1 TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan cara unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui practical life activity anak dapat mengikat tali sepatu sendiri, mengancing dan membuka kancing baju sendiri, mengaitkan retsleting sendiri, memakai dan melepas baju sendiri dan memakai dan melepas celana sendiri. Persentase ketuntasan pratindakan adalah 42,10% atau 8 anak telah tuntas, hasil siklus I meningkat dengan persentase 63,15% atau 12 anak telah tuntas dan siklus II juga mengalami peningkatan dengan persentase 84,21% atau 16 anak telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa practical life activity dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Kemandirian, practical life activity, anak usia dini
ABSTRACT
The purpose of this study was to improved children's autonomy through practical life activity in group B children of TK Aisyiyah Ngrawoh in the academic year of 2018/2019. This type of research was classroom action research (CAR) and used quantitative and qualitative as an approach. The subjects studied were children aged 5-6 years with the total amount 19 children in group B TK Aisyiyah Ngrawoh in the academic year of 2018/2019. The data sources in this study were children and teachers. The data collection techniques used performance, observation, interviews and documentation. The data validity test technique used was source triangulation and technical triangulation. The results of this class action research showed that through practical life activity children can tie their own shoelaces, fasten and unbutton their own clothes, hook their own zippers, wear and take off their own clothes and wear and take off their own pants. The percentage of pre-action completeness is 42.10% or 8 children has been completed, the results of the first cycle increased with the percentage of 63,15% or 12 children completed and the second cycle also increased with the percentage of 84,21% or 16 children completed. Based on the results of these studies it can be concluded that practical life activity can increase the autonomy of children in group B TK Aisyiyah Ngrawoh in the academic year of 2018/2019.
Keywords: Autonomy, practical life activity, early childhoodFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Côté-Lecaldare, M., Joussemet, M & Dufour, S. (2016). How to support toddlers’ autonomy: a qualitative study with child care educators. Early Education and Development, Maret, 2016
Elcombe, E. (2017). Effects of practical life exercises on fine motor development in a montessori children’s house classroom. University of Wasconsin – River Falls
Guttek, G. L. (2013). Metode montessori panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Gettman, D. (2016). Metode pengajaran montessori tingkat dasar aktivitas belajar untuk anak balita. Terj. Annisa Nuriowandari. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, Vol. 2 No.2, Desember, 2018, 127-140
Meuwissen, A. S & Carlson, S. M. (2019). An experimental study of the effects of autonomy support on preschoolers' self-regulation. Journal of Applied Developmental Psychology, No. 60, 2019,11-23
Morisson, G. S. (2016). Pendidikan anak usia dini saat ini. Terj. Yudi Santoso, S. Fil. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146. 2014. Tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan kemandirian anak. Jogjakarta: Diandra Primamitra Media
Stevenson, B. (2016). Children’s independece: a conceptual argument for connecting the conduct of everyday life and learning in Finland. Children’s Geographies, Vol. 15 No.4, Desember, 2016, 439-451
Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian tindakan kelas untuk pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Penerbit Erlangga
Winegal, I., Sudarsini., Adi, E. P. (2018). The effect of practical life activity towards the improvement of an autistic child’s fine motor skill. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, Vol.5 No. 1, Juli, 2018, 67-71
Refbacks
- There are currently no refbacks.