PENGARUH MEDIA DIGITAL ABC ALFABET TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Kemampuan literasi merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak usia dini, namun banyak anak masih mengalami kesulitan mengenali huruf dan memahami bunyi huruf. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media digital ABC Alfabet terhadap kemampuan literasi anak usia 5–6 tahun di TK Muthmainnah, Kabupaten Gowa. Penelitian menggunakan desain Quasi Experimental dengan teknik sampling jenuh, melibatkan 22 anak yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,003 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media digital ABC Alfabet terhadap peningkatan kemampuan literasi anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa media digital interaktif dapat menjadi alternatif efektif bagi guru dalam meningkatkan keterampilan literasi sejak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amal, A., Akbar, A., & Safitri, N. (2023). Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita dengan media audio visual pada anak kelompok B.1 di TK Bakti Pertiwi Kecamatan Baras Kabupaten Pasangkayu. Arzusin, 4(1), 127–135. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i1.2280
Amelia, Z., & Nurfadilah. (2021). Implementasi penggunaan jurnal harian di lembaga PAUD. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.24853/yby.5.2.1-15
Annisa, F., & Eliza, D. (2021). Peranan orang tua dalam pengembangan literasi dini selama Covid-19 pada anak usia 5–6 tahun. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.262
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Asti, A. S. W. (2024). Pengaruh permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan, 9(2), 1175–1184. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14784
Griffith, S. F., Hagan, M. B., Heymann, P., Heflin, B. H., & Bagner, D. M. (2020). Apps as learning tools: A systematic review. Pediatrics, 145(1), 1–14. https://doi.org/10.1542/PEDS.2019-1579
Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah. (2022). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 121–133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517
Kemendikbud. (2019). Literasi tak hanya bebas buta aksara. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/literasi-tak-hanya-bebas-buta-aksara
Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.24853/yby.5.2.1-15
Kurniawan, C., Kusumaningrum, S. R., Lam, K.-F. T., & Surahman, E. (2022). Improving language teaching and learning process with dual coding theory approaches. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(8), 281. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i8.15313
Mensonides, D., Smit, A., Talsma, I., Swart, J., & Broersma, M. (2024). Digital literacies as socially situated pedagogical processes: Genealogically understanding media, information, and digital literacies. Media and Communication, 12, 1–18. https://doi.org/10.17645/MAC.8174
Neumann, M. M., & Neumann, D. L. (2017). The use of touch-screen tablets at home and pre-school to foster emergent literacy. Journal of Early Childhood Literacy, 17(2), 203–220. https://doi.org/10.1177/1468798415619773
Pancawati, N., & Widayati, M. (2024). Aktualisasi game edukatif digital pada perkembangan kemampuan literasi baca tulis anak usia dini. Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 8(4), 624–635. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86023
Ramadhani, M. W., Karma, I. N., & Mahyudi, J. (2023). Hubungan literasi dini dengan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas I SD Negeri 1 Ampenan. Jurnal Cakrawala, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4925
Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., Sopia, S., & Septiani, F. A. (2022). Media pembelajaran digital dalam menstimulasi keterampilan literasi anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.51579
Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., Schnaubert, L., & Rey, G. D. (2022). The cognitive-affective-social theory of learning in digital environments (CASTLE). Educational Psychology Review, 34(1). https://doi.org/10.1007/s10648-021-09626-5
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi ke-2). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sukma, A., Kurnia, R., & Febrialismanto, F. (2020). Pengaruh media Alphabet Smart terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.50
Taherdoost, H. (2018). Validity and reliability of the research instrument; How to test the validation of a questionnaire/survey in a research. SSRN Electronic Journal, 5(3), 28–36. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040
Wardani, I. R. W., Putri Zuani, M. I., & Kholis, N. (2023). Teori belajar perkembangan kognitiv Lev Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92
Yunita, I. R., Hikma Rosalia, S. N., & Utriani, T. (2024). Pemanfaatan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik SD N 2 Ponjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 4(4), 1–8. https://doi.org/10.31004/abdira.v4i3.492
Refbacks
- There are currently no refbacks.