PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA POHON HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KEAKSARAAN ANAK
Abstract
Kemampuan literasi keaksaraan merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak usia dini. Namun pembelajaran literasi di PAUD seringkali masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan partisipasi aktif anak. Salah satu pendekatan alternatif yang dinilai efektif adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang mendorong anak untuk berpikir kritis melalui pemecahan masalah nyata. Untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran, digunakan juga media pohon huruf sebagai alat bantu visual yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan media pohon huruf terhadap kemampuan literasi keaksaraan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Populasi penelitian adalah seluruh anak didik kelas B. Sampel dipilih secara purposive, terdiri dari 20 anak yang dibagi menjadi dua kelompok: 10 anak pada kelompok eksperimen dan 10 anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji nonparametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi keaksaraan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen mencapai 20,00, sedangkan kelompok kontrol hanya 13,60. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa model PBL dengan media pohon huruf memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan literasi keaksaraan anak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pohon huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi keaksaraan anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah guru PAUD dapat menggunakan pendekatan ini sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan berdampak positif pada perkembangan literasi anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rosiana. 2021. “Pengaruh Permainan Pohon Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Usia 5-6 Tahun Di Tk Pembina Jekan Raya Tahun Ajaran 2019/2020.” Pintar Harati : Jurnal Pendidikan dan Psikologi 17(1): 44–54. doi:10.36873/jph.v17i1.3326.
Agustina, Ika, Subur Harahap, Sukini Sukini, Hadi Widodo, Tomi Apra Santosa, Muh Safar, and Makhrus Ali. 2025. “Enhancing Children’s Critical Thinking Through Blended Problem-Based Learning and Eco-Literacy.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 9(1): 413–22. doi:10.31004/obsesi.v9i1.6885.
Asiah, Sintya, Rahmi Habibah, Asrizal Asrizal, and Ahmad Fauzi. 2023. “Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa.” Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2(9): 1–10. doi:10.55904/nautical.v2i9.1006.
Al Aziiz, Muhammad Shidiq, and Daris Kurnia. 2024. “Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Dan PBJL (Project Based Learning).” Rayah Al-Islam 8(4): 2386–2400. doi:10.37274/rais.v8i4.1213.
Dewi, Widya Puspita, Gede Wira Bayu, and Ni Nyoman Arca Aspini. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) Pada Siswa Kelas IV SD.” Journal for Lesson and Learning Studies 4(2): 158–64. doi:10.23887/jlls.v4i2.36859.
Gürses, Ahmet, Elif Şahin, and Kübra Güneş. 2022. “Investigation of the Effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) Model in Teaching the Concepts of ‘Heat, Temperature and Pressure’ and the Effects of the Activities on the Development of Scientific Process Skills.” Education Quarterly Reviews 5(2). doi:10.31014/aior.1993.05.02.469.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. 5 Revista Brasileira de Linguística Aplicada Buku Metode Penelitian Kualitatif.
Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3): 5. doi:10.19184/jukasi.v7i3.21599.
Isna, Aisyah. 2019. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Al-Athfal 2(2): 62–69.
Lestari, Puji Anggraeni Fibria. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan 1(1): 534–40.
Napitupulu, E. (2023, 11 Desember). Hasil PISA 2022: Krisis belajar yang belum menemukan titik. Kompas Humaniora, hlm. 4.
Naruvita, Sary Rina, Rustatik, Rima Dewi Kartini, Santy Hataul, and Nita Priyanti. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini.” Mimbar Pendidikan Indonesia 2(3): 387–92. doi:10.23887/mpi.v2i3.50761.
Nurul Asriany Syamsuardi, Muhammad Akil Musi, Hajerah, Fadhilah Afifah. 2024. “Pengaruh Metode Pembelajaran Morning Talk (Sapaan Pagi) Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(02): 1.
Paratiwi, Tara, and Zaka Hadikusuma Ramadhan. 2023. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7(4): 603–10. doi:10.23887/jear.v7i4.69971.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Poerwati, Christiani Endah, I Made Elia Cahaya, and Ni Made Ayu Suryaningsih. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana Dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 1472–79. doi:10.31004/obsesi.v6i3.1233.
Setyaningsih, Umi, and Indrawati Indrawati. 2022. “Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4): 3701–13. doi:10.31004/obsesi.v6i4.2340.
Sudarmika, Putu. 2021. “Model Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa: Meta-Analisis.” Indonesian Journal of Educational Development 2(3): 512–23. doi:10.5281/zenodo.5681622.
Titin, Titin, Anisyah Yuniarti, Amalia Putri Shalihat, Dea Amanda, Ineke Laili Ramadhini, and Virga Virnanda. 2023. “Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran.” JUTECH : Journal Education and Technology 4(2): 111–23. doi:10.31932/jutech.v4i2.2907.
Yodding, Nurlaelah, Mirna Mirna, Siskatul Patlia, Rani Rani, and Muhammad Restu Susanto. 2023. “Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Lingkungan Hidup Anak.” Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal 1(2): 101–13. doi:10.59638/ihyaulum.v1i2.87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.