PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINKING DAN CRITICAL THINKING ANAK USIA DINI
Abstract
Permasalahan berdasarkan observasi di lapangan anak masih menunjukkan kurangnya kepercayaan diri serta rasa ingin tahu yang rendah. Anak-anak juga masih terlihat kesulitan untuk bekerja sama dan mengembangkan ide-ide baru di luar tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan creative thinking dan critical thinking anak usia dini melalui penerapan model pembelajaran Project-based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini peserta didik kelas B dengan jumlah siswa 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap kedua kemampuan tersebut. Pada siklus I, nilai rata-rata klasikal untuk indikator creative thinking mencapai 47,5% dan indikator critical thinking sebesar 46%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata klasikal untuk keduanya, yaitu nilai rata-rata klasikal creative thinking meningkat menjadi 81,25% dan nilai rata-rata klasikal critical thinking juga meningkat menjadi 80%. Capaian ini telah memenuhi target klasikal peneliti yaitu sebesar 76%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan creative thinking dan critical thinking anak usia dini. Model ini disarankan digunakan secara konsisten untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif dan kritis anak sesuai tahap perkembangannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, S., Hasanah, H., & Pradana, P. H. (2024). Kegiatan seni melipat kertas melalui YouTube untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 205–214. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.600
Antari, N. L. D. A., Dantes, N., & Arnyana, I. B. P. (2023). Dampak model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan integritas diri siswa sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 326–334. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61184
Cahyaningsih, S., & Harun, H. (2023). Pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5481–5494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034
Chasanah, A. N., & Rahmawati, R. (2024). Pengembangan kemampuan sains anak kelompok A melalui metode eksperimen pencampuran warna di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Lumajang. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 40–48.
Darwis, M., Azizah, N., & Rofiqoh, S. (2025). Peran pembelajaran berbasis proyek terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–7.
Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024a). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.453.
Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7109.
Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.
Hasanah, U., Pradana, P. H., & Sugiarto, M. A. (2024). Project-Based STEAM model learning to improve creative thinking in early childhood. Al Hikmah Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 206-216.
Kartini, W., Faatinisa, E., & Annisa, Y. N. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini melalui pembelajaran berbasis STEAM. Jurnal Al Fitrah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–14.
Kurniawati, R., Kristiana, D., & Muttaqin, M. ‘A. (2024). Pengaruh penerapan metode project based learning terhadap kreativitas anak usia 5–6 tahun pada kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339.
Lathifah, A., Sofyan, H., & Hasni, U. (2023). Pengembangan panduan model Problem Based Learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs (Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity) anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 17. https://doi.org/10.24235/awlady.v9i2.14246.
Nadlir, A. F., & Sholihah, L. F. (2024). Peran guru dalam menerapkan pembelajaran project based learning pada kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3(1), 69–79. https://doi.org/10.58540/jipsi.v3i1.557.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas strategi pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.