PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FUNWORDS UNTUK PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK USIA DINI

Sari Nadhifa Al Fahmi, Intan Prastihastari Wijaya, Anik Lestariningrum

Abstract

Pemahaman kosakata merupakan aspek fundamental dalam perkembangan bahasa anak usia dini dan menjadi dasar bagi keterampilan berbahasa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji efektivitas multimedia interaktif FunWords dalam meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan enam tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, dan (6) uji lapangan utama. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak usia dini di salah satu taman kanak-kanak di Kota Kediri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket validasi ahli, dan tes kemampuan kosakata anak. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif untuk menilai validitas dan efektivitas produk. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan skor masing-masing 0,85 dan 0,8875, yang dikategorikan sangat valid. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan pemahaman kosakata anak dengan respons positif sebesar 85%. Temuan ini menunjukkan bahwa FunWords efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan pemahaman kosakata dan motivasi belajar anak usia dini. Media FunWords direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan anak usia dini.

Keywords

multimedia interaktif; FunWords; kosakata; anak usia dini.

Full Text:

PDF

References

Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and reliability contents of independence assessment instruments of basic beauty students for class X SMK. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.42558.

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia interaktif berbasis aplikasi android dalam pengenalan bahasa inggris dasar siswa kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132.

Danielson, K., Wong, K. M., & Neuman, S. B. (2019). Vocabulary in educational media for preschoolers: a content analysis of word selection and screen-based pedagogical supports. Journal of Children and Media, 13(3), 345–362. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1585892.

Fauzi. (2018). Hakikat pendidikan bagi anak usia dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552.

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan moral pada anak usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Ghatarina Umi, M., & Karmila, M. (2020). Pendidikan keterampilan hidup (life skill) anak usia dini selama masa pandemi covid-19 di lingkungan keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma bahagia itu mencerdaskan ikhtiar membangun kemerdekaan belajar anak usia dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020

Hanifah, H., & Widyasari, C. (2023). Buku ajar happy thinking: Alternatif untuk meningkatkan kosa kata anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2721–2732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4258.

Hignasari, L. V. (2020). Analisis peluang usaha pembuatan alat permainan edukatif anak selama masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 3(2), 14–22. https://doi.org/10.47532/jiv.v3i2.209.

Ikhtiarani, V., Amalyani, R., & Ramadhanty, E. N. (2024). Stimulasi melatih perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.37985/c6847t66.

Latifa, B., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas penggunaan media lapbook dalam mengenalkan kosakata bahasa inggris pada anak di taman kanak-kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2115

Lestariningrum, A., Dwiyanti, L., Wijaya, I. P., & Selfia, D.. (2024). Pra literasi sebagai implementasi metode bermain untuk anak usia dini. 4, 7069–7081. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8700

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Innovative, Journal of Social Science Research, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Neuman, S. B., Samudra, P., Wong, K. M., & Kaefer, T. (2020). Scaffolding attention and partial word learning through interactive coviewing of educational media: An eye-tracking study with low-income preschoolers. Journal of Educational Psychology, 112(6), 1100–1110. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/edu0000428

Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya meningkatkan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini dengan media wayang melalui video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Qadafi, M. (2020). Pembelajaran bahasa inggris pada anak di sangkhom islam wittaya school saat pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multmedia interaktif pemahaman konsep dalam pembelajaran matematka di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections, 5(2). https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media flashcard berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606.

Taseman, Purwani, W. A., Safaruddin, Erfansyah, N. F., Pangastuti, R., Dachlan, A. M. & Khozain, N. (2020). Meeting standards through integrated curriculum: point of view. IJORER International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 58–62. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.11

Umar, U., Purwanto, M. B., & Al Firdaus, M. M. (2023). Research and development: as the primary alternative to educational research design frameworks. JELL (Journal of English Language and Literature) STIBA-IEC Jakarta, 8(01), 73–82. https://doi.org/10.37110/jell.v8i01.172.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.