PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KOING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL ANAK 4-5 TAHUN

Shofiatul Amaliyah, Nurhenti Dorlina Simatupang, Yes Matheos Lasarus Malaikosa, Melia Dwi Widayanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 4–5 tahun di lembaga TK, yang masih bergantung pada media konvensional seperti buku ejaan dan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan menguji efektivitas media permainan Koing dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia dini. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4–5 tahun. Hasil uji validitas menunjukkan media permainan memperoleh persentase kelayakan sebesar 100% dari ahli materi dan 89,29% dari ahli media. Persentase ini mengindikasikan media tersebut sangat layak digunakan sebagai alat pembelajaran untuk mengenalkan huruf vokal kepada anak usia 4–5 tahun. Efektivitas media diuji menggunakan uji N-gain melalui SPSS versi 25. Rata-rata skor N-gain sebesar 0,8167 (81,67%) menunjukkan media permainan Koing efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 4–5 tahun.

Keywords

Huruf Vokal; Media Permainan; Usia 4-5 Tahun; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Ardini, Pupung, P., & Lestariningrum, A. (2018). Definisi bermain, bermain & permainan anak usia dini. Adjie Media Nusantara, 90.

Armila, Marta, Nurhenti, T., & Simatupang, D. (2018). Pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B.” Jurnal Paud Teratai, 4(3), 1–5.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–38. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824.

Fitri, Dinda, Chayanti, D., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 teknik finger painting terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/JP2KGAUD.2022.3.1.1-18.

Ardini, Pupung, P., & Lestariningrum, A. (2018). Definisi bermain, bermain & permainan anak usia dini. Adjie Media Nusantara, 90.

Armila, Marta, Nurhenti, T., & Simatupang, D. (2018). Pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B.” Jurnal Paud Teratai, 4(3), 1–5.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–38. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824.

Fitri, Dinda, Chayanti, D., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 teknik finger painting terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/JP2KGAUD.2022.3.1.1-18.

Hasanah & Faridatul. (2020). Pada anak usia dini kelompok A Raudhatul Athfal An Najah Sumberbulus Ledokombo Jember. Skripsi Sarjana, Universitas Jember.

Hidayat, Fitria, & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Maisyaroh, Via, D., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh Augmented Reality Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.37985/RDSCTS44.

Meta, Erfina, & Widayanti, M. D. (2023). Pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 tahun. PAUD Teratai, 12(1), 1–9.

Ningsih, Dwi, Khotimah, N., Hasibuan, R., Komalasari, D., & Ningsih, S. D. (2023). Pengembangan media busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3),331–41.

Maulida, N., Dina, Kusna, S. L., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan media pembelajaran koper literasi untuk menstimulasi kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):568–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330.

Putri, Alifia, Y. R., & Adhe, K. R. (2023). Pengaruh permainan kakuma terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini. PAUD Teratai, 12(1), 1–7.

Kurnia, R. (2012). Konsepsi bermain dalam menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini. Educhild, 1(1), 77–85.

Sholikah, Aminatul, A., Komalasari, D., Hasibuan, R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengembangan aplikasi game kotapin (Kosakata Pintar) terhadap kemampuan kosakata anak usia 4-5 tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14275–80. https://doi.org/10.54371/JIIP.V7I12.5500.

Simatupang, Dorlina, N., Widayati, R., Adhe, K. R., & Sholichah, S. R. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–41. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067.

Waskita, T., Deden, Widiana, Y., & Santang, S. R. (2023). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak usia 4-5 tahun menggunakan media permainan domino huruf vokal. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 60–69.

Wahyuni, Tri, E., Vera, A., Pramudyani, R., & Hestiningrum, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di Tk Arrina. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1).

Widayati, S., Nurhenti, Simatupang, D., Wulan, P. S., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan media stekpan untuk kognitif anak usia 4-5 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8–17. https://doi.org/10.36722/JAUDHI.V4I1.698.

Widayati, Sri, & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):53–59.

Winda, Puspita, Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.