PENGEMBANGAN PERMAINAN BLOOMING FLOWERS SEBAGAI STIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN

Unkce May Sanday

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan edukatif “Blooming Flowers” yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Pengembangan permainan dilakukan menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validitas dan kelayakan produk diuji oleh ahli permainan dan ahli materi, dengan hasil validasi rata-rata sebesar 91% dari ahli permainan dan 97% dari ahli materi, menunjukkan kriteria sangat layak karena berada pada rentang 80%-100%. Uji coba kelompok besar pada tiga lembaga PAUD, yaitu KB As-Salam, Pos PAUD Vinolia, dan KB Anak Saleh, melibatkan 33 anak usia 3-4 tahun dan memperoleh rata-rata skor perkembangan motorik halus sebesar 87%, termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Permainan ini melatih kemampuan meronce, menempel, menggunting, dan menyemprot, serta dinilai menarik oleh guru dan anak- anak karena desainnya yang berwarna-warni. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, permainan Blooming Flowers dinyatakan layak digunakan sebagai media stimulasi keterampilan motorik halus anak usia dini tanpa perlu revisi lebih lanjut. Produk ini dapat membantu pendidik dalam menstimulasi perkembangan motorik halus sesuai karakteristik anak usia 3-4 tahun.This research aims to produce an educational game "Blooming Flowers" that can improve the fine motor skills of children aged 3-4 years. Game development was carried out using the Research and Development (RnD) method with the ADDIE model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validity and feasibility of the product were tested by game experts and subject matter experts, with an average validation result of 91% of game experts and 97% of subject matter experts, indicating that the criteria were very feasible because they were in the range of 80%-100%. A large group trial at three PAUD institutions, namely KB As-Salam, Pos PAUD Vinolia, and KB Anak Saleh, involved 33 children aged 3-4 years and obtained an average fine motor development score of 87%, including the Very Good Development (BSB) category. This game trains the skills of spraying, gluing, cutting, and spraying, and is considered interesting by teachers and children because of its colorful design. Based on the results of validation and trials, the Blooming Flowers game was declared suitable for use as a medium for stimulating fine motor skills in early childhood without the need for further revision. This product can help educators in stimulating fine motor development according to the characteristics of children aged 3-4 years.

Keywords

blooming flower; motorik halus; pengembangan

References

Affandi, L., Sappaile, B. I., Warwer, F., Widianingsih, B., Nugroho, W., Yana, M., & Kirom, A. (2023). Penggunaan Alat Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran dalam Kegiatan Bermain sambil Belajar. Global Education Journal, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.152

Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34.

Anggilita, F. (2021). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN SISIK IKAN DI TK ISLAM DARUL HASANAH KOTABUMI. 6.

Ariani, N., & Noorratri, E. D. (2022). Tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun. 3, 453–458.

Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). Capaian Perkembangan Fisik Motorik Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 3-4 Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2699

Destiyani, J., Prasetyowati, D., & Purwadi. (2019). Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun. Seminar Nasional PAUD 2019, 49. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/440

Fauziyah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Benang Pada Kelompok a Taman Kanak-Kanak Alif Islamic Preschool Centre. Tarbiyah Al-Aulad | Vol. 5, No. 2, 2020 ISSN 2549-465, 5(2), 1–10.

Fitriani, D., Aisyah, & Arvionita, N. (2019). Aplikasi Kegiatan Main Finger Painting Dalam Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 204–217. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7491

Ilmi Azizah, A. N. (2023). Melatih Kemampuan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Tahta Media, 4.

Iman, N. (2024). PENGARUH BERMAIN MENGGUNTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD HADIQATUSSHIBYAN TANAK MIRA DAYA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. 5(1), 323–329.

Lutfiana, A. (2020). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Keperawatan, 1(1), 120.

NAEYC Governing Board. (2009). NAEYC Standards for early childhood professional preparation programs: A position statement of the National Association for the Education of Young Children. April, 1–8.

Syahputri, A. (n.d.). Pengembangan Media Susun dari Kain Flanel Bergambar Alat Olahraga sebagai Media Pembelajaran pada Motorik Halus Anak Usia Dini TK FKIP.

Wahyuny, I. N., Hakim, L., & Murtini, W. (2017). Pengembangan dan Validasi Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami. Proceeding of Community Development, 1, 320–332.

Wardhani, K. K., Iriyanto, T., & Twinsari Maningtyas, R. D. (2024). Pengembangan Media Permainan Face Poly Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 81. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.3039

Zharwa, D., Aqila, N., Pramono, P., & Tirtaningsih, M. T. (2024). Development of Fruits Adventure Circuit Game to Stimulate Gross Motor Skills of Early Childhood Children.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.