PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Risya Amelia, Asih Budi Kurniawati, Devi Nawangsasi

Abstract

Pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode berceramah konvensional dan berpusat pada guru. Saat belajar, anak belum menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan selalu bertindak menunggu arahan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media loose parts dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini (5-6 tahun). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain penelitian one-group pretreatment-posttreatment, yaitu dengan satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikan U hitung = 0,000 ˂ U tabel = 0,05 maka menghasilkan hipotesis Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan media loose parts terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini (5-6 tahun). Penelitian ini melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan media loose parts, yaitu anak-anak dapat bebas berkreasi menghasilkan karya baru sesuai dengan imajinasinya sehingga kreativitas anak dapat berkembang.

Keywords

early childhood, loose parts media, creativity

Full Text:

PDF

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476-2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800.

Afnita, J., & Putro, Z. K. (2021). Kunci-kunci dalam pengembangan kreativitas anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75-95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084.

Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab di RA Daarul Falah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100-109.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652-658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302.

Dewi, E. R. V., Hibana, & Ali, M. (2023). Pengaruh penggunaan media loose parts terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267-282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451.

Haryanto, F. T., & Twiningsih, A. (2024). Implementasi media loose parts pada pendidikan anak usia dini. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 54-64. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.362.

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275-281. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3561.

Heldanita. (2018). Pengembangan kreativitas melalui eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05.

Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, A. B., & Sumantri, M. S. (2021). Development of whole language-bases instructional models to improve commencement literacy skills. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6), 4447-4460. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.8431.

Kusna, S. L., & Puspitasari, E. (2022). Penggunaan media batu berwarna untuk meningkatkan kognitif anak usia dini usia 3-4 tahun. Jurnal STKIP Ponorogo, 2(1), 37-44.

Nawangsasi, D., Andari, A., & Wahyudin. (2022). Kreativitas Tanpa Batas dengan STEAM dan Loose Parts. Cianjur: Mulya Bookstore.

Nawangsasi, D., Haenillah, E. Y., Nurul, A., & Lestari, P. (2023). Pengaruh pembelajaran project based learning terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 6688-6693. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7281.

Primawati, Y. (2023). Pengembangan kreativitas seni rupa anak usia dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1-10.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2021). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691.

Rizkiawanti. (2022). Penerapan Pembelajaran Media Loose Parts Untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 3 Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Sumarseh, & Eliza, D. (2022). Penerapan media pembelajaran berbahan loose parts indoor untuk membangun merdeka belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65-75.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1), 159-176. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.