PENGEMBANGAN MEDIA GEOTRICKIDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Septia Fajar Saputri, Ahmad Samawi, Nur Anisa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Lembaga TK masih menggunakan media konvensional, seperti poster bentuk geometri, balok bentuk geometri dan LKA. Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan secara optimal dalam pemgembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media GEOTRICKIDS yang layak dalam mengenalkan bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Wonotirto 02, TK Al Hidayah Satreyan 01, dan TK Al Hidayah Satreyan 02. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil penilaian media GEOTRICKIDS sebesar 94,5% dari dua ahli materi, 93,7% dari dua ahli media dan 93,7% dari tiga ahli pembelajaran. Hasil akumulasi uji coba kelompok kecil mendapat hasil sebesar 93,6%. Masuk ke tahap uji coba kelompok besar, hasil akumulasinya sebesar 95,4%. Berdasarkan hasil tersebut, media GEOTRICKIDS masuk dalam kategori sangat layak untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun.

Keywords

media pembelajaran; bentuk geometri ; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Agustira, S. & Rahmi, R. (2022). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tingkat SD. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 126–135. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Farida, A., Rasmani, U., & Hafidah, R. (2024). Profil kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 11(4), 361–375. https://doi.org/10.20961/kc.v11i4.61548

Hasanah, L., & Agung, S. (2020). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan bermain balok anak usia 5-6 tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Bandung: PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Komariyah, S. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan lompat geometri pada anak kelompok B TK Diponegoro 109 Pageraji. Audiensi: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(2), 105–112. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp

Lestari. (2011). Konsep Matematika. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini.

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2021). Perancangan perencanaan pembelajaran anak usia dini melalui sistem informasi berbasis website. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Maghfirah, F., Satriana, M., Nurliana, A. D., Haryani, W., & Jafar, F. S. (2022). Media digital menstimulasi keterampilan numerasi anak usia dini di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6027–6034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3370

Palupi, I. A. B., Djuniadi, D., & Ristanto, R. D. (2021). Penerapan e-learning berbasis learning management system menggunakan easyclass. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 39–43. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.31223

Putri, A. D. (2024). Pengembangan materi geometri datar berbentuk video pembelajaran untuk anak usia 5-6 tahun. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(01), 103–116. https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.8718

Rahmasari, E. A., & Haryadi, T. (2022). Kajian interaction design website Museum Ranggawarsita Semarang. Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 9(2), 129–138.https://entinas.joln.org/index.php/2023/article/download/100/128/205

Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran media interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71. https://doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828 Peran

Sari, F.K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.

Sari, F. A. (2024). Pentingnya media pembelajaran dalam sistem pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 414–421. https://entinas.joln.org/index.php/2023/article/download/100/128/205

Sismiyati. (2019). Eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan berbagai media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pembelajaran pada TK Pertiwi Kecemen 2 Manisrenggo Klaten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 104–107. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.44454.

Suhesti, Amal, A., & Nilawati. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan bermain balok TK Melati Kab Tanah Laut Kalimantan Selatan. Jurnal Pemukiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 389–396. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/238

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan tradisional engklek terhadap kemampuan geometri anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6685

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutama, I.W., D. (2021). Pengembangan e-modul “bagaimana merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk memicu hots anak usia dini melalu open ended play” berbasis ncesoft flip book maker. Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101. https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.736

Winath, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi digital kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238

Winnuly, Hikmawati, L., & Sari, A. M. M. (2024). Pembelajaran numerasi berbasis potensi lokal pada anak usia dini. Arsen : Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2971

Wulandari, P., Indhra, F. M., & Adilla, U. (2024). Meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri melalui media tanah liat di PAUD Ayesha Kabupaten Bungo. JUrnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.