HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA PETANI TERHADAP PENDIDIKAN GIZI ANAK MASA GOLDEN AGE

Wuri Annisa Nurfadlilah, Khamim Zakarsih Putro, Hibana Yusuf

Abstract

Pola asuh orang tua, khususnya petani, memiliki peran penting dalam mengenalkan pendidikan gizi sejak dini pada anak. Pendidikan gizi bertujuan membiasakan anak dengan makanan sehat dan bergizi, dimulai dari lingkungan terdekat yaitu keluarga. Pola asuh keluarga petani relevan dalam mendorong pemerataan pemahaman gizi, mengingat profesi petani banyak dijumpai di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan 44 orang tua petani yang memiliki anak usia 3–6 tahun di TK DW 1 dan 2 Kabupaten M. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dan data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan korelasi yang sangat lemah (R = 0,030) dan model regresi yang tidak signifikan (p = 0,850). Artinya, pola asuh orang tua petani tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pendidikan gizi pada masa golden age. Kesimpulannya, hubungan antara pola asuh dan pendidikan gizi tergolong lemah dan tidak signifikan, yang kemungkinan dipengaruhi oleh kebiasaan budaya serta akses informasi gizi yang terbatas. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metodologi yang lebih kuat dan sampel lebih besar agar memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh pola asuh terhadap pendidikan gizi anak usia dini.

Keywords

Pola Asuh , Orang Tua Petani, Pendidikan Gizi, , Anak

Full Text:

PDF

References

Apriani, R., Widiansyah, S., & Lindawati, Y. I. (2022). Pola asuh orang tua kelas menengah dalam membangun perilaku sosial anak usia remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(1), 62. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i1.51453.

Becot, F., Bendixsen, C., Barnes, K., & Rudolphi, J. (2021). Broadening our understanding of farm children’s risk exposure by considering their parents’ farming background. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10), 18–21. https://doi.org/10.3390/ijerph18105218.

Eka, Y., Wati, R., Sumantri, R. J., & Cahyo, A. D. (2024). The relationship of emotional intelligence to basic locomotor movements in early children. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 27.

Eko. (2023). Pemerintah umumkan Survei Status Gizi Indonesia tahun 2024, angka stunting turun menjadi 21,6% dari 24,4%. PAUDPEDIA.

Ertiana, E., & Zain, S. B. (2023). Pendidikan dan pengetahuan ibu tentang gizi berhubungan dengan status gizi balita. Jurnal ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 14(1), 96–108. https://ilkeskh.org/index.php/ilkes/article/view/279/180.

Handayani, T., Adriana, & Nurfianti, A. (2019). Hubungan antara pola asuh orang tua terhadap status gizi balita di UPK Puskesmas Siantan Hulu. ProNers, 4(1), 1–10.

Hasbi, A., Damayanti, R., & Hermina, D. H. M. (2023). Penelitian korelasional (Metodologi penelitian pendidikan). Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(6), 342–346. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/771/708.

Ihfanudin. (2019). Pola asuh orang tua single parent dalam mendidik akhlak anak (Studi kasus di Kelurahan Mlilir Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun) (Doctoral dissertation). IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/8363/.

Jami, A., No, V., & Husni, M. (2023). Pola asuh keluarga terhadap akhlak remaja di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan Islam, 19(2).

Juniarthi, A., Astawa, I. N. S., & Sigai, E. R. L. (2022). Kajian fungsi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak pada keluarga Hindu. Hapakat (Jurnal Hasil Penelitian), 1(1), 22–37.

Kartini, T. D., Manjilala, M., & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201. https://doi.org/10.32382/mgp.v26i2.1231.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Buku saku pemantauan status gizi tahun 2017. Jakarta: Kemenkes RI.

Magdalena, A. (2024). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kejadian picky eating pada anak prasekolah di PAUD Islam Permatasari Tlogosari Semarang.

Manumbalang, S. T., & Bataha, Y. (2017). Hubungan pola asuh dengan status gizi pada anak di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pulutan Kabupaten Talaud. Jurnal Keperawatan, 5(2), 1–8.

Mumtazayyanah, S. T., Undayasari, D., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Cibiru, K., Indonesia, U. P., Artikel, I., Intake, B. N., Nutrition, C., & Involvement, P. (2025). Pengaruh program BBM (Bekal Buatan Mama) terhadap pemenuhan gizi anak di Taman Kanak-Kanak Suka Haji Cileunyi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 393–400. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i3.4384.

Munawaroh, S. (2015). Pola asuh mempengaruhi status gizi balita. Jurnal Keperawatan, 6(1), 44–50.

Mustika, E., & Arisanti, Y. (2019). Hubungan pola asuh makan dan karakteristik ibu dengan kejadian stunting pada anak usia 2-5 tahun di Desa Marong Lombok Tengah. ProHealth Journal, 3, 73–93.

Nadia. (2015). Pola asuh keluarga petani di Desa Loklahung Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Socius, 4(2), 1–14.

Nasution, I. S., & Susilawati, S. (2022). Analisis faktor penyebab kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan. Florona: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.313.

Ndibo, Y. L., & Pahendra, A. (2024). Pola pengasuhan anak pada keluarga petani. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 24(7), 28–42.

Nurhaswinda, Pratasya, M., Nada, L. Q., Nanda, R. T., Neftihana, Harnida, S., Pratiwi, U., Mauluddin, A., Taskia, S., & Alpenita, V. (2025). Penelitian korelasi. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(2), 2644–2655.

Oktaviani, E., Feri, J., Susmini, S., & Soewito, B. (2021). Deteksi dini tumbuh kembang dan edukasi pada ibu tentang status gizi anak pada periode golden age. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 319–324. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i2.146.

Putri, R. M., Rahayu, W., & Maemunah, N. (2017). Kaitan pendidikan, pekerjaan orang tua dengan status gizi anak pra sekolah. Jurnal Care, 5(2), 231–245.

Ramlan, D. P. W., & Suryani, S. U. (2024). Pola asuh demokratis orang tua petani dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(1), 94–101.

Sabila, H. M., Asih, S. W., & Jember, U. M. (2024). Hubungan pola asuh orang tua dengan status gizi pada anak usia 5-6 tahun di TK Baiturrohim. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(7), 502–514.

Setiawati, A. T., & Hidayat, Y. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 137–151. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i2.290.

Setyawati, V. A. V. (2012). Peran status gizi terhadap kecerdasan kognitif pada masa golden age. Visikes, 11(2), 105–112.

Siregar, Y. S. (2021). Motivasi orang tua dalam pembentukan karakter anak. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 15–28.

Syauki, A., & Ichsan, W. W. (2022). Pola asuh anak usia dini pada keluarga petani. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 18–28.

World Health Organization. (2024). Malnutrition. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/malnutrition

Refbacks

  • There are currently no refbacks.