FLASHLIGHT BOOK PETULANGAN SHAFA & SI KETTY: STIMULUS LITERASI NUMERASI ANAK 4-5 TAHUN

Sharla Fatisyah, Nur Anisa, tomas iriyanto

Abstract

Kemampuan literasi numerasi manusia penting dikembangkan sejak usia dini karena untuk membangun fondasi yang kokoh untuk kehidupan masa depan. Literasi numerasi adalah pemahaman dan penerapan konsep matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Senter Petualangan Shafa & si Ketty dalam menstimulasi kemampuan literasi numerasi pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru, dan anak usia 4-5 tahun sebagai pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai validasi ahli materi sebesar 98%, ahli bahasa 85%, ahli media 84%, dan ahli pengguna 98%. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil menunjukkan nilai 95%, sementara uji coba kelompok besar sebesar 87%. Berdasarkan hasil uji kevaliditasan dan kelayakan, buku ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi kemampuan literasi numerasi anak usia dini, khususnya pada rentang usia 4-5 tahun.

Keywords

anak usia dini; literasi numerasi; buku senter

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Fa’izah, H. N., Wayan, I. S., & Anisa, N. (2024). Pengembangan e-book cerita bergambar untuk menstimulasi keterlambatan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 249–258.

Hajar, S., At, D., Ashari, N., & Muliana, S. (2024). Pengembangan permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Aulad, 7(3), 861–872. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816.

Husniyah, A. M. (2022). Media aplikasi dora (dongeng nusantara) pada pembelajaran menyimak dongeng di era digital di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316–325.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Kemendikbudristekristek. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kemendikbudristekristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Koesoema, D., Sutjipto, Setiawan, D. I., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Maylasari, I., Rachmawati, Y., Agustina, R., Silviliyana, M., Noviani, A., Sari, M., & Yugiana, E. (2020). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Rifai, M. H. (2017). Pemilihan media dalam pembelajaran geografi. Jurnal Edudikara, 2(2), 125–136.

Silomita, S. A. C., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Pengembangan media pembelajaran abebo untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak. Jurnal Care (Children Advisory Research And Education): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 170–171.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trinaningsih. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi anak tk a dalam mengenal lambang bilangan 1–5 menggunakan media pasir dan papan pintar di TK Negeri Pembina Bangsri. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(2), 117–125.

Wardhani, B., Adi, E. S., Rengganis, N., Mariyam, L., Pratiwi, W. C., & Wulandari, R. (2021). Buku Saku Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: UNICEF for Every Child.

Wulandari, R. (2021). Pemanfaatan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahundipaud Kober Harapan Jaya Kecamatan Gedung Meneng Tulang Bawang. Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.