PERAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran dari orang tua dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini. Ketergantungan anak terhadap gadget semakin meningkat. Hal tersebut dianggap akan memengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Penelitian ini memakai jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun partisipan penelitian dalam hal ini adalah orang tua dari anak usia dini yang terpapar gadget sehari-hari. Data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan ketat, pembatasan waktu, serta pengalihan perhatian ke aktivitas lain dapat mengurangi dampak negatif gadget. Selain itu, keterlibatan keluarga dan lingkungan juga berperan membentuk kebiasaan digital anak yang lebih sehat. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan menjadi dasar bagi pengembangan strategi pengasuhan yang lebih efektif guna mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700.
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak pengaruh gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 10(1), 1–10.
An-nabawi, M. (2022). Pengawasan ibu dalam menangani kecanduan gadget pada kanak-kanak awal. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 12(2), 98–112. https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v12i2.1247.
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159.
Arifah, R. B., & Maknun, L. (2024). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (Micjo), 1(4), 1870–1875. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Batubara, M., Muslim Nasution, M. I., & Alfi Syahrin, T. (2023). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Community Development Journal, 4(4), 7429–7435.
Bu’ulolo, A. H. (2024). Dampak penggunaan gadget bagi anak usia dini di Desa Eho Hilisimaetano. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 4(1), 46–60. https://doi.org/10.57094/jubikon.v4i1.1560.
Farizqi, M. H., Wijaya, A., & Stella, S. (2024). Hubungan peran orang tua, penggunaan gadget, pertumbuhan dan perkembangan dengan perilaku sosial anak usia 6-12 tahun di RT05/RW13 Pabuaran Cibinong, Bogor Tahun 2023. Jurnal Ventilator, 2(1), 133–146. https://doi.org/10.59680/ventilator.v2i1.985.
Faticah, H., & Madyawati, L. (2023). Picture timetable mengatasi kecanduan gadget pada anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 789–798. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.389
Haryanto, D. A., Tohari, M. A., & Dahlan, J. K. (2024). Peran orang tua dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini studi kasus di RT.002 RW.01, Pondok Pucung, Tangerang Selatan. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(4), 244–252. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i4.168.
Hasanah, N., & Musayyadah, M. (2022). Analisis pola asuh orang tua dalam pembatasan penggunaan gadget bagi anak usia dini ditinjau dari tingkat pendidikan dan status ekonomi orang tua di Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 83. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.39045.
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(5), 356–368.
Hidayatullah, A. S., Najib, K. H., Nugroho, A. D., Sari, R. E., Putri, N. S., & Karjono, S. (2023). Penerapan aplikasi Google Family Link sebagai strategi keluarga dalam menghadapi candu gadget pada anak. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.37802/society.v4i1.391.
Isdiyantoro, M. J., & Maftuhah, A. (2022). Peran orang tua dalam mendampingi penggunaan gadget di RA Masyithoh XV Pangenjuru Tengah. Discrete: Journal Didache of Christian Education, 6(1), 1–9.
Marzuki, M. I., Fajrul Falah, M., Indriati, E., Triristina, N., & Suryoningsih, M. (2022). Dampak kecanduan gadget pada anak PAUD Harapan Bunda Desa Sentul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.520.
Mulyana, E. H., Aprily, N. M., & Zaenab, A. S. (2023). Perilaku kecanduan bermain gadget pada anak usia dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 11. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9926.
Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980.
Nurhidayah, D. (2024). Fenomena penggunaan gadget terhadap minat belajar anak usia dini 5–6 tahun di TK Teratai Merah Kab. Bandung. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 198–205.
Pratiwi, W., & Pautina, A. R. (2022). Kecanduan penggunaan gadget pada anak raudhatul athfal di masa pandemi Covid-19. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 34–57. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.864.
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital parenting sebagai upaya mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini saat pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.178.
Yuyuk, Y., Waridah, W., & Kartini, K. (2023). Upaya orang tua dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1027.
Refbacks
- There are currently no refbacks.