PENGARUH BAHASA IBU DAN KARTUN UPIN & IPIN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK

Anna Humairoh, Titin Kusayang

Abstract

Anak usia dini sangat mudah terpengaruh oleh media, termasuk animasi luar negeri, yang dapat membentuk pola komunikasi mereka. Penelitian ini membahas pengaruh bahasa ibu dan bahasa Melayu Malaysia, khususnya melalui kartun Upin & Ipin, terhadap pemerolehan bahasa anak. Fokus penelitian ini adalah bagaimana anak-anak usia 5-8 tahun meniru kosakata, logat, dan pola komunikasi dari tayangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis ujaran anak dalam kehidupan sehari-hari. Data dianalisis melalui proses transkripsi percakapan untuk mengidentifikasi percampuran kosakata bahasa Indonesia, bahasa ibu, dan bahasa Melayu Malaysia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak cenderung mencampurkan ketiga bahasa tersebut dalam percakapan sehari-hari. Faktor utama yang memengaruhi fenomena ini adalah intensitas menonton kartun Upin & Ipin, lingkungan sosial, serta keterlibatan orang tua dalam mengawasi konsumsi media. Temuan ini menunjukkan bahwa media animasi berperan besar dalam pembentukan pola bahasa anak.

Keywords

Kata Kunci: pemerolehan bahasa; bahasa ibu; bahasa melayu malaysia; kartun anak; Upin & Ipin

Full Text:

PDF

References

Alfatihi, Z., & Satria, Y. (2025). Pengaruh film kartun upin & ipin pada pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(1), 145–153.

Amrullah, A. (2017). Pengaruh tayangan upin dan ipin terhadap penggunaan bahasa melayu murid SDN 001 Sambutan Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 5(3).

Anggraeni, I., Apriani, T., & Permana, A. (2018). Pengaruh tayangan upin dan ipin terhadap gaya berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 7(1), 100–106. https://doi.org/10.22460

Artha, D. J. (2016). Pengaruh pemilihan tayangan televisi terhadap perkembangan sosialisasi anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Barung, R., Djumingin, S., & Daeng, K. (2022). Dampak serial animasi upin dan ipin pada kosakata dalam percakapan bahasa indonesia. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 14. https://doi.org/10.59562/wl.v2i1.35597

Da Silva, C. W., Malafaia, G., Doretto, L. B., Rosa, I. F., Nóbrega, R. H., & Rodrigues, A. S. D. L. (2021). Cartoon as support material in education for biodiversity conservation: The feasibility of using “the Tom and Jerry show”, “Mickey Mouse Clubhouse” and “Masha and the Bear” series in elementary school. Case Studies in Chemical and Environmental Engineering, 4, 100123. https://doi.org/10.1016/j.cscee.2021.100123

González, A., J., Bañón, A. J., DeLuca, V., Miller, D., Soares, S. M., Puig-Mayenco, E., Slaats, S., & Rothman, J. (2020). Event related potentials at initial exposure in third language acquisition: Implications from an artificial mini-grammar study. Journal of Neurolinguistics, 56, 100939. https://doi.org/10.1016/j.jneuroling.2020.100939.

Hafizah, & ’Ala, F. (2022). Akuisisi bahasa anak akibat pengaruh bahasa minang dan bahasa melayu malaysia. GERAM, 10(1), 84–92. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9138.

Harsanti, C. N. (2021). Pemerolehan Bahasa Pertama terhadap Anak Usia 2 sampai 4 Tahun Menurut Tataran Morfologi dan Sintaksis. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 131–135. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.50.

Kusayang, T., Reni, R. P., Qadariah, N., & Rois, M. (2023). Pengembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui pendekatan scientific di taman kanak-kanak Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1118.

Lailiyani, P. N., & Suswandi, I. (2025). Pengaruh Tontonan Upin & Ipin Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajaran, 21(02), 212.

Mahajani, T., & Muhtar, R. H. (2019). Pemerolehan bahasa dan penggunaan bahasa anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 170–178. https://doi.org/10.51276/edu.v5i3.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. New York: SAGE Publications, Inc.

Mustanzier, P. A. (2016). Penggunaan gaya bahasa melayu dalam tayangan film kartun animasii upin dan ipin pada perilaku komunikasi anak di SD Negeri 1 Posia Kendari. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi & Informasi, 1(2)

Nasution, F., Siregar, A., Arini, T., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan perkembangan bahasa anak usia dini. Pendidikan dan Keguruan, 1(5).

Nurjanah, S., Millatuddiiniyyah, & Nofianty. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Akibat Pengaruh Film Kartun ( Suatu Tinjauan Psikolinguistik). Jurnal pendidikan dan sastra indonesia, 1(3). http://dx.doi.org/10.22460/p.vli3p%25p.732

Qomariyah, A. N. (2024). Pengaruh Tayangan Film Animasi Upin Dan Ipin Dalam Dialek Bahasa Melayu Terhadap Bahasa Indonesia Anak Usia Enam Sampai Dua Belas Tahun. 2024-01-11, 11(1).

Salamah, R., & supriyadi. (2021). Pengaruh pola asuh terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1), 87–98.

Salim, A. C. S. D. (2013). Pemerolehan bahasa kedua menurut stephen krashen. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504.

Sari, W. A. (2018). Pemerolehan bahasa pada anak usia 3-4 tahun (ditinjau dari pemerolehan semantik yang dikuasai anak usia 3-4 tahun) dengan menggunakan media gambar. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 54. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1334

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160.

Sumartriani, Attirah, & Fatmawati. (2024). Pemerolehan Bahasa Anak Akibat Pengaruh Film Kartun Upin Dan Ipin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 145–153.

Suriadiman, N. & Fenny Anita. (2021). Pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun (studi kajian morfologi) di PAUD Sahira Kota Pekanbaru Provinsi Riau. GERAM, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(1).6512

Syaprizal, M. P. (2019). Proses pemerolehan bahasa pada anak. Jurnal Al-Hikmah, 1(2). https://doi.org/10.36378/al-hikmah.vli2

Zaipurrohman, & R. Pnaji Hermoyo. (2022). Pengaruh film kartun upin ipin terhadap akuisisi bahasa anak usia 3-4 tahun. Prosiding SAMASTA-Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 511–517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.