PENGARUH BERMAIN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain interaktif terhadap kemampuan sains dan matematika pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data berupa tes (tes awal (pretest), treatment dan tes akhir (posttest)). Adapun sampel penelitian terdiri dari 18 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Berdasarkan hasil perhitungan n-gain, yaitu normalized gain 0,6 < 0,7 dengan persentase sebesar 0,67 atau 67,12%, termasuk dalam kategori sedang yang berarti bermain interaktif untuk kemampuan sains dan matematika anak berada pada kategori cukup efektif. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya terdapat pengaruh kemampuan sains dan matematika melalui bermain interaktif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa bermain interaktif membantu anak memahami konsep sains dan matematika dengan lebih baik melalui pengalaman langsung dan eksplorasi. Penelitian ini membuktikan bahwa bermain interaktif membantu anak memahami konsep-konsep dasar seperti klasifikasi warna, bentuk dan tekstur serta pengenalan angka 1-20 dan operasi berhitung sederhana hingga jumlah 20.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariesta, E., Permatasari, T., & Gandha Metrri, G. (2022). Pembinaan pembelajaran interaktif melalui metode bermain bagi guru-guru PAUD Nava Dhammasekha Karuna Teluknaga Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 96–105.
Harlianty, T., & Sjamsir, H. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu huruf pada anak kelompok B TK Al Ihsan Kecamatan Sungai Tabuk. Bedumanagers Journal, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.30872/bedu.v3i1.1604
Hartini, S. (2019). Upaya meningkatkan kecerdasan matematika melalui permainan balok dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B TK Pelemgadung 3 Jaten Pelemgadung. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3027.
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2017). Bermain dan permainan anak asia dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1).
Nurdiyana, T., & Kamariah, A. B. (2018). Permainan interaktif’ dalam pembelajaran pranombor dan pendidikan matematik prasekolah. Seminar Antarabangsa Isu-Isu Pendidikan, 136–141.
Nursam. 2019. (2016). Implementasi hasil pelatihan bagi pendidik (paud) tingkat pemula dalam proses pembelajaran anak usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1–23.
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Rahmawati, Syukriani, A., & Rosmah. (2011). Teori belajar oenemuan bruner dalam pembelajaran matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 1–10.
Ruslianti, Sabariah, Fitriah, D. S. (2023). Perkembangan otak anak usia dini dan dampaknya pada kehidupan seumur hidup. Jurnal Tambora, 7(1), 302–311.
Shanie, A. & Fadhilah, N. C. (2021). Meningkatkan kemampuan bicara anak usia dini melalui pembelajaran menggunakan media wayang modern karakter animasi lucu. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6616.g3110.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistijani, E. (2019). Vocabulary mastery with storytelling methods and conventionality strategies and references to students in the A1 TK Rahma Ciracas. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.30998/jh.v3i1.89
Suryana, D., Karmila, D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengembangan game interaktif dalam meningkatkan kecerdasan matematika anak di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3084–3096. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3934
Zaini, A. (2019). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Refbacks
- There are currently no refbacks.