EFEKTIFITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK

Desi Isma Wati, Ismawati Ismawati, Dwi Aminatus Saadah

Abstract

Perkembangan motorik kasar anak sangat penting dalam mendukung aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Namun, kemajuan teknologi sering mengurangi aktivitas fisik anak, yang berdampak pada menurunnya stimulasi perkembangan motorik mereka. Salah satu alternatif yang efektif adalah permainan tradisional, seperti engklek, yang dapat melatih keseimbangan, koordinasi, serta kekuatan otot anak. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menganalisis 12 artikel ilmiah yang relevan, yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Kajian ini bertujuan untuk menggali kontribusi permainan engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini serta menyusun sintesis teoretis yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek memberikan dampak positif dalam meningkatkan keseimbangan, ketangkasan, daya tahan fisik, serta perkembangan sosial-emosional anak. Permainan ini memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mendukung pengembangan motorik kasar. Namun, implementasi permainan engklek masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan pemahaman pendidik. Oleh karena itu, diperlukan upaya pelestarian dan integrasi permainan engklek dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Keywords

Engklek games, effective method, gross motor

Full Text:

PDF

References

Anggrayni, R., Lenny, L., Risman, V., & Watini, S. (2023). Implementasi model atik dalam meningkatkan motorik kasar melalui permainan engklek di TKIT Bunga Mufiidah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 761–768. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.761-768.2023.

Angraeni, RS. D. K. (2022). (2022). Penerapan permainan engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini di TK Arhadar, 3(2), 68–81.

Apriani, D. (2013). Penerapan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai, 2(1), 1–13.

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis perkembangan motorik kasar anak di taman kanak-kanak Buton Selatan. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068.

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487.

Firmansyah, G. (2019). Model pembelajaran gerak dasar melompat melalui modifikasi permainan tradisional engklek pada anak sekolah dasar. Tegar: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17822.

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat permainan tradisional engklek dalam aspek motorik kasar anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.34164.

Kaoci, W., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2021). Perkembangan fisik motorik kasar anak melalui permainan tradisional “jalan tempurung.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2129.

Madyawati, L., Marhumah, M., & Rafiq, A. (2021). Urgensi nilai agama pada moral anak di era society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(2).6781.

Masriah, M., Nuraini, A., Sugiarti, S., Soleha, S., & Watini, S. (2023). Implementasi model ATIK dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar dengan kegiatan bermain engklek di TK IT Al-Mufid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8481–8486. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3145.

Muslimah, I., Lubis, R., & Hsb, H. (2018). Permainan engklek dalam meningkatkan motorik. Jurnal Raudhah, 06(02), 511–517.

Pratiwi, Kristanto, 2014. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar (keseimbangan tubuh) anak melalui permainan tradisional engklek di kelompok B. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 18–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.

Pratiwi, R. S. (2021). Pengembangan permainan engklek untuk pengembangan motorik kasar TKMNU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 3(1), 10–17. http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v3i1.2222.

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar (keseimbangan tubuh) anak melalui permainan tradisional engklek di kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 18–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.513.

Raihana, & Sari, B. F. (2021). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 1–10.

Sam, F. K., Pramono, P., & Astuti, W. (2021). Penerapan Permainan Engklek Fruit Sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.1-8.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477.

Susanti, E. (2020). Eksplorasi etnomatematika konsep operasi hitung dalam permainan tradisional kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–8.

Suzana, S., Umayah, U., & Zulhida, R. (2021). Efektivitas permainan engklek modifikasi untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok A di TK Cahaya Maulida II Desa Panjalin Lor Sumberjaya-Majalengka. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 2(2), 59. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v2i2.460.

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektifan permainan engklek dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810.

World Health Organisation. (2020). Guidelines on Physical Activity, Sedentary Behaviour and Sleep. World Health Organization, 4.

Yusuf, R. N., Qomariah, D. N., & Hamidah, S. H. (2022). Menstimulus keterampilan motorik kasar anak melalui permainan tradisional engklek di kelompok B TK Armawiyah 1. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48059.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.