EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VISUAL WORDWALL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK 5-6 TAHUN
Abstract
Rasa percaya diri merupakan salah satu bagian penting bagi perkembangan anak di masa golden age. Kepercayaan pada diri sendiri mampu membuat anak untuk dapat bersosialisasi dengan menyenangkan, beradaptasi dengan lingkungan, serta berkembang potensi dirinya dengan optimal. Kurangnya rasa percaya diri pada anak usia dini dapat menimbulkan pengaruh buruk pada pembelajaran disebabkan banyak hambatan psikologis seperti perasaan takut, cemas, dan merasa terpisah dari kelompok. Tujuan pelaksanaan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif visual Wordwall terhadap kepercayaan diri anak usia prasekolah. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi menggunakan behavioral checklist. Berdasarkan data hasil penelitian, perolehan perhitungan sumbangan efektivitas yakni sebesar 76%. Hasil pre-test yang dilaksanakan pada anak 5-6 tahun memperoleh nilai rata-rata sebesar 21.70% dan nilai rata-rata post-test sebesar 36.30%. Hasil pre-test dan post-test tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif visual Wordwall memiliki efektivitas atau pengaruh terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiyani, S., Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia dini pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 154-165. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p154-165.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran angwordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143.
Anggriawan, G. A. D. (2023). Perancangan Permainan Interaktif Berbentuk Activity Pack sebagai Media Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun Disertasi Doktor, Universitas Dinamika.
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Wijayanti, E. (2021). Need analysis of si eco ethno-confidence game for slow learner students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 461. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39534.
Cloney, D., Jackson, J., & Mitchell, P. (2019). Assessment of children as confident and involved learners in early childhood education and care: Literature review. Victorian Curriculum and Assessment Authority
Fajri, S., Illahi, R. K., Effendi, H., Yuliarni, S., & Muslim, M. (2021). Analisis media pembelajaran dalam buku teks sejarah Indonesia kelas X. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4584-4593. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1440.
Fatimah, F., Zahro, I. F., & Wulansuci, G. (2023). Microsoft powerpoint: Implementasi bahan ajar terhadap rasa percaya diri anak usia dini melalui bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 636-644.
Hendi, A., Caswita, & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Kumara Cendekia, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.
Hong, J. C., Hsiao, H. S., Chen, P. H., Lu, C. C., Tai, K. H., & Tsai, C. R. (2021). Critical attitude and ability associated with students self-confidence and attitude toward predict-observe-explain online science inquiry learning. Computers and Education, 166. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172.
Hu, X., & Yelland, N. (2019). Changing learning ecologies in early childhood teacher education: From technology to stem learning. Beijing International Review of Education, 1(2-3), 488-506.
Humaida, R., Munastiwi, E., Irbah, A. N., & Fauziah, N. (2022). Strategi mengembangkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(02), 55-69.
Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1015.
Kurniasih, V. W., Fitriyah, F. K., Hidayat, M. T., & Sunanto, S. (2021). Hubungan pemahaman diri terhadap rasa tanggung jawab sebuah survey pada anak usia dini di Kota Surabaya. Child Education Journal, 2(2), 98-105.
Lauster, P. (2022). Tes Kepribadian (Terj. Gulo). Karanganyar: Bumi Aksara.
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini melalui teman sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533.
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema alam semesta pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172.
Oktavianita, S., & Wahidin, W. (2022). Gestur siswa slow learner dalam belajar matematika menggunakan aplikasi wordwall di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4802-4811. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2941.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Rachma, I, C., Sufiyana, A, Z., Santoso, K. (2023). Implementasi media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 8(8).
Ramdini, T. P. (2021). Motivation and self-confidence in motor activities in kindergarten. 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.042.
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia pembelajaran interaktif untuk guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10-16.
Rozana, S., Harahap, A. S., Astuti, R., Widya, R., Tullah, R., Anwari, A. M., & Mahardhani, A. J. (2021). Strategi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.
Sriati, S. (2023). Peningkatan penguasaan kosakata melalui permainan barrier game berbantuan media pembelajaran flash card mata pelajaran bahasa indonesia pada anak tunarungu kelas I SDLB B Karya Mulia II Surabaya. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(2), 161-167. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i2.2357.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartinah, S., & Budiarti, E. (2024). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap perkembangan bahasa dan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 825-834. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4414.
Refbacks
- There are currently no refbacks.