Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Visual Wordwall terhadap Kepercayaan Diri Anak 5-6 Tahun

Verentia Eka Putri, Warananingtyas Palupi

Abstract

Rasa percaya diri merupakan salah satu bagian penting bagi perkembangan anak di masa keemasan. Kepercayaan pada diri sendiri mampu membuat anak dapat bersosialisasi dengan menyenangkan, beradaptasi dengan lingkungan, serta mengembangkan potensi dirinya dengan optimal. Kurangnya rasa percaya diri pada anak usia dini dapat menimbulkan pengaruh buruk pada pembelajaran, banyak hambatan psikologis seperti perasaan takut, cemas, dan merasa terpisah dari kelompok. Melalui penerapan media pembelajaran interaktif visual Wordwall, sikap percaya diri anak dapat terstimulasi berdasarkan indikator-indikator kepercayaan diri. Tujuan pelaksanaan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif visual Wordwall terhadap kepercayaan diri anak usia pra sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra eksperimental. Berdasarkan data hasil penelitian, efektivitas kontribusi perolehan akuntansi yakni sebesar 76%. Hasil pretest yang dilaksanakan pada anak kelompok B atau usia pra sekolah memperoleh nilai rata-rata sebesar 21.70% dan nilai rata-rata posttest sebesar 36.30%. Hasil pretest dan posttest tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif visual Wordwall memiliki efektivitas atau pengaruh terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. 

Keywords

Wordwall; kepercayaan diri: tampilan visual; permainan

References

Agustiyani, S., Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 154-165. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p154-165 Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143 Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Wijayanti, E. (2021). Need Analysis Of Si Eco Ethno-Confidence Game for Slow Learner Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 461. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39534 Cloney, D., Jackson, J., & Mitchell, P. (2019). Assessment of children as confident and involved learners in early childhood education and care: Literature review. Fajri, S., Illahi, R. K., Effendi, H., Yuliarni, S., & Muslim, M. (2021). Analisis Media Pembelajaran Dalam Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4584-4593. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1440 Fatimah, F., Zahro, I. F., & Wulansuci, G. (2023). Microsoft Powerpoint: Implementasi Bahan Ajar terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 636-644. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/19339 Hendi, A., Caswita, & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 6(1), 1423. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310 Hong, J. C., Hsiao, H. S., Chen, P. H., Lu, C. C., Tai, K. H., & Tsai, C. R. (2021). Critical attitude and ability associated with students self-confidence and attitude toward predict-observe-explain online science inquiry learning. Computers and Education, 166 (February), 104172. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172. Hu, X., & Yelland, N. (2019). Changing learning ecologies in early childhood teacher education: From technology to stem learning. Beijing International Review of Education, 1(2-3), 488-506. Humaida, R., Munastiwi, E., Irbah, A. N., & Fauziah, N. (2022). Strategi mengembangkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(02), 55-69. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/618 Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1015 Kurniasih, V. W., Fitriyah, F. K., Hidayat, M. T., & Sunanto, S. (2021). Hubungan pemahaman diri terhadap rasa tanggung jawab sebuah survey pada anak usia dini di kota surabaya. Child Education Journal, 2(2), 98-105. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article. Lauster, P. (2022). Tes Kepribadian (Terjemahan Oleh DH Gulo). Bumi Aksara Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533 Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://www.academia.edu/download/69068570/pdf.pdf Nazla, T., & Fitria, N. (2020). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31-35. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590 Oktavianita, S., & Wahidin, W. (2022). Gestur Siswa Slow Learner dalam Belajar Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4802-4811. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2941 Rachma, I, C., Sufiyana, A, Z., Santoso, K. 2023. Implementasi Media Pembelajaran Spin The Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 8 No 8. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8312 Ramdini, T. P. (2021). Motivation and Self-Confidence in Motor Activities in Kindergarten. In 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020) (pp. 192-198). Atlantis Press. 10.2991/assehr.k.210322.042 Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia pembelajaran interaktif untuk guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10-16. https://scholar.archive.org/work/wkkqqoalevccrb2cnx332pru3i/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/3480/pdf Rozana, S., Harahap, A. S., Astuti, R., Widya, R., Tullah, R., Anwari, A. M., & Mahardhani, A. J. (2021). Strategi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Edu Publisher. Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. Sriati, S. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Permainan Barrier Game Berbantuan Media Pembelajaran Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu Kelas I SDLB B Karya Mulia II Surabaya. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(2), 161-167. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i2.2357 Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suhartinah, S., & Budiarti, E. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 825-834. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4414 Surya., Usman., Ilyas, S, N., Rahayu., Safitri, N. 2024. Wordwall Open The Box: Cara Inovatif Mengajar Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi. Vol 5 No 1. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876 Umuzdaş, S., Doğan, A., & Umuzdaş, M. S. (2019). Impact of musical creative drama education on self-confidence of preschool children. Journal of Education and Training Studies, 7(11), 10-22. https://www.academia.edu/download/98735057/A5.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.