PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER

Khusnun Nadhifah

Abstract


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), memicu persaingan ketat terhadap tenaga kerja. Untuk itu diperlukan kualitas SDM, termasuk pustakawan yang kompeten yang dapat memberikan kualitas layanan yang memuaskan.. Kondisi lapangan menunjukkan ketidakpuasan pengunjung pada layanan Perpustakaan UNEJ. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas layanan. Penelitian menggunakan metode sampling  kuota, dengan pendekatan kuantitatif pada 11.528 populasi pengunjung perpustakaan bulan Januari-Pebruari 2019 dan  sampel berjumlah 100 responden. Dengan analisis menggunakan software SmartPLS 2 (Partial Least Square)  diketahui bahwa Kompetensi Pustakawan berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Layanan dengan peresentase 83,1%. Nilai terbesar ditunjukkan pada indikator pengetahuan, yaitu Pustakawan memahami tentang pelayanan (X1.1 ) dengan persentase 76%. Sedangkan, variabel Kompetensi Pustakawan (X)  yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap kualitas layanan adalah pada indikator Pustakawan Menyenangkan dalam Melayani (X2.1)  sejumlah 92,12%.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), memicu persaingan ketat terhadap tenaga kerja. Untuk itu diperlukan kualitas SDM, termasuk pustakawan yang kompeten yang dapat memberikankualitas layanan yang memuaskan.. Kondisi lapangan menunjukkan ketidakpuasan pengunjung pada layanan Perpustakaan UNEJ. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas layanan. Penelitian menggunakan metode sampling  kuota,dengan pendekatan kuantitatif pada 11.528 populasi pengunjung perpustakaan bulan Januari-Pebruari 2019 dan  sampel berjumlah 100 responden. Dengan analisis menggunakan software SmartPLS 2 (Partial Least Square)  diketahui bahwa Kompetensi Pustakawan berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Layanan dengan peresentase 83,1%. Nilai terbesar ditunjukkan pada indikator pengetahuan, yaitu Pustakawan memahami tentang pelayanan (X1.1) dengan persentase 76%. Sedangkan, variabel Kompetensi Pustakawan (X)  yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap kualitas layanan adalah pada indikator Pustakawan Menyenangkan dalam Melayani (X2.1)  sejumlah 92,12%.


Keywords


kompetensi pustakawan; kualitas layanan; perpustakaan

Full Text:

PDF
rticle

References


Aji, R. F. (2010). Pengembangan Garuda (Garba Rujukan Digital) Sebagai Sumber Rujukan Karya Ilmiah Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNAT). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 19 Juni 20, A-98-A-102. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1870

Anggraini, L. (2015). Perbedaan Self-Efficacy Dan Self Regulated Learning Antara Siswa Lakilaki Dan Perempuan Di SMA Negeri 1 Selatpanjang. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/6795/

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.Bisnis & Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, Volume 17, 114–126. Retrieved from http://journal.ui.ac.id/jbb/article/viewFile/632/617 diakses 16 April 2019

Budiati, I. dkk. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dwirani, Y. (2016). Hubungan Kompetensi SDM Perpustakaan Dengan Kualitas Layanan Digital Di Perpustakaan Smk Negeri 2 Palembang (UIN Raden Fatah Palembang). Retrieved from http://eprints.radenfatah.ac.id/184/

Fahmi, I. (2017). Indonesia OneSearch dan Biblio Metric Analysis. DIY: FPPTI.

Gaol, A. L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 28 N0.1, 1–8.

Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Revisi). Jakarta: Erlangga.

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Penngaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No, 1–8.

Karygiannis, T. (2007). Guidelines for Securing Radio Frequency Identification (RFID) Systems. Gaithersburg: NIST.

Kotler, P., & Teguh., T. H. (2002). Manajemen Pemasaran. (Edisi Mile). Jakarta: Prehalindo.

Kurniasih, N. (2015). Kualifikasi Pustakawan di Era Digital. Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia (Vol. 19-21 Agus). Bandung.

Lasa. (1998). Kamus istilah perpustakaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Perpustakaan Nasional RI. (2012). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Kemasyarakatan, Sosial Budaya, Hiburan, dan Perorangan Lainnya Bidang Perpustakaan m. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional RI. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan

Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Prasetyo, B. (2012). Menilik Kesiapan Dunia Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi MEA. Jurnal RechtsVinding, Media Pembinaan Hukum Nasional. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Rosita, R., Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, Vol 13, No.1 https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1 No.1.

Shahreza, M. (2017). Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi. Nyimak (Journal of Communication), 1(1). https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.273

Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survai.pdf. In LP3ES.

Suwarno, W. (2016). Mengembangkan SDM Perpustakaan Dalam Rangka Menuju World Class University Libraria. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, Vol. 4, No. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1241/pdf diakses 1 April 2019%0A

Tjiptono, F. (2004). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Wuryandani, D. (2015). Peluang Dan Tantangan Sdm Indonesia Menyongsong Era. Info Singkat : Ekonomi Dan Kebijakan Publik.

http://e-resources.perpusnas.go.id/ diakses 3 Desember 2019

www.unej.ac.id diakses 3 Desember 2019




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v6i1.40985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.