Tindakan Rasional pada Gaya Kepemimpinan Direktur Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Idzhari Rahman

Abstract


Tindakan rasional kepemimpinan direktur perpustakaan mampu memberikan dampak yang yang baik pada gaya kepemimpinan otokratis direktur perpustakaan dalam pengelolaan manajemen perpustakaan secara optimal dalam mencapai keberhasilan dari tujuan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Kepemimpinan adalah kemampuan dalam mempengaruhi dan memberikan motivasi suatu kelompok pada arah pencapai tujuan bersama yang lebih baik. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yaitu field research yang memiliki sifat penelitian kulitatif. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa gaya kepemimnan positif Direktur Perpustakaan Universitas Islam Indonesia memberikan dampak gaya yang baik pada kepemimpinan otokratis direktur perpustakaan, direktur perpustakaan mampu memberikan motivasi lewat peraturan yang ketat untuk bekerja lebih baik, hal ini membuat karyawan perpustakaan lebih berhati-hati dalam bekerja untuk mencapai target yang diharapkan oleh pihak pimpinan perpustakaan. Sikap taat dan patuh karyawan terhadap direktur perpustakaan merupakan tidak lain untuk kelancaran organisasi perpustakaan yang baik. Orientasi dan target kerja direktur perpustakaan berfokus pada output dari produktivitas kinerja organisasi Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.


Keywords


Positive leadership style; autocratic leadership style

rticle

References


Alfatih, Muhammad Irsyad dan Wijayanti, Luki. “Kepemimpinan di Perpustakaan Umum Studi Kasus di Perpustakaan Umum Tentram.” Jakarta: Record and Library Journal, 2017. lib.ui.ac.id diakses pada tanggal 11-12-2019 Pukul 05.55.

Creswell, Jhon W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Igiriza, Miftahunnisa. “Kepemimpinan di Perpustakaan Berdasarkan Emotional Intelligence dalan Menghadapi Globalisasi Informasi.” Jurnal Khizanah Al-Hikmah Vol. 5 No. 1, 2017. Journal.uin-alauddin.ac.id diakses pada tanggal 11-12-2019 Pukul 05.51.

Jones, Pip. Pengantar Teori-Teori Social: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme, Jakarta: Pustaka Obor, 2003.

Ony, Johan Gunady & Rinamurti, Micheline. “Kepemimpinan Otokratis dan Kompetensi Wirausaha Pada Perusahaan Berbasis Keluarga (Studi Pada Bisnis Kuliner Khas Palembang).” Seminar Nasional Malang, 2018, conferences.uin.malang.ac.id diakses pada 16-12-2019 Pukul 11.13.

Ritzer, George. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda, Jakarta: PT Rajawali Press, 2001.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Supraja, Muhammad. Alfred Schutz: “Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber.” Yogyakarta: Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol. 1. No. 2, 2012. http://journal.ugm.ac.id diakses pada 26-11-2019 Pukul 12.29.

Suwarno, Wiji. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Siangian, Sondang P, Tipe-Tipe Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Tunner, B. S. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Terjemahan oleh Setiyawati A, E dan Shufiyati, R. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2012.

Weber, Max. The Theory of Social and Economic Organization, edited by Talcot Parsons and Translated by A.M. Handerson anda Talcott Parsons. New York: Free Press, 1964.

Wirawan. Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Defenisi Sosial, dan Perilaku Sosial, Jakarta: Kencana, 2015.




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.38493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Jurnal Pustaka Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.