KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN PERPUSTAKAAN DESA (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN DESA SUMBER ILMU BALECATUR)

Veni Fitra Meilisa, Tafrikhuddin Tafrikhuddin

Abstract


Studi penelitian ini adalah untuk penelitian dan analisis konsep diri relawan perpustakaan desa dari Balecatur. Penelitian dilakukan di salah satu perpustakaan desa di Yogyakarta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah konsep-diri sukarela yang dikembangkan dan dikembangkan melalui dorongan dalam diri mereka sendiri dan lingkungan eksternal mereka. Relawan membuat konsep disi sebagai (1) relawan sebagai agen perubahan, (2) relawan sebagai individu yang ingin berbagi, (3) relawan sebagai penyembah pendidikan tingkat. Hal ini disebabkan oleh faktor pribadi yang menjadi alasan mengapa para ibu (sukarelawan) ini ingin menjadi sukarelawan Sementara mereka tahu apa yang mereka menjadi korban, baik dari segi waktu,

 


Keywords


self-concept; volunteers; village library

Full Text:

PDF
rticle

References


Adrian Sutedi, Metode Penelitian Hukum. Sinar Grafika: Jakarta. 2009. Edi Basuki. Apa itu Kerelawanan dan Siapa yang Disebut Relawan?, dalam http://ebasonline.blogdetik.com/2013/03/07/apa-itu-kerelawanan-dan-siapayang-disebut-relawan/ Hendriati Agustiani. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama. 2006. Hendra Surya. Percaya Diri itu Penting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2007. Jalaluddin rakhmat, psikologi komunikasi . bandung: remaja rosda karya. 2007. John M. Echol dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Agama. 2006. Michael E. Sheer, The five factor, why people still volunteering social work with volunteers. 2008. Musick, M. A., & Wilson, J. Volunteers: A social profile. Bloomington, IN: Indiana University Press. 2008. Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009. Sutarno NS, Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto, 2006. Perpustakaan nasional, pedoman penyelenggara perpustakaan desa. perpustakaan nasional: catalog dalam terbitan. 2000 Tim Redaksi Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. 2008. Tim Pustaka Familia, Konsep Diri Positif: Menentukan Prestasi Anak .Yogyakarta: Kanisius. 2010. Tuti Alawiyah, hubungan antara persepsi tentang musian dengan perilaku prososial pada mahasiswa UIN syarif Hidayatullah Jakarta yang prnah menjadi relawan. skripsi uin medan, 2007 Viva Budi Kusnandar. Badan Pusat Statistic. 2019. Dalam Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2019/06/13/Berapa-Jumlah-Desa-Di-Indonesia. Zastrow, Charles, Introduction to Social Work and Social Welfare.6th edition, California: Brooks/ Cole Publishing Company. 1996.




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v5i2.38172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Jurnal Pustaka Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.