KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM MENGELOLA LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Bambang Hermanto

Abstract


Perpustakaan perguruan tinggi sebagai salah satu unit yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti memilih, mengolah, menghimpun, melayangkan sumber informasi ke sivitas akademika. Layanan perpustakaan meliputi layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan bimbingan pengguna,dan literasi informasi. Kompetensi yang dimiliki pustakawan akan berdampak pada kualitas layanan perpustakaan. Pustakawan dapat belajar secara terus-menerus untuk meningkatkan kompetensi. Adapun tujuan dari tulisan ini adalah 1).dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan layanan perpustakaan yang telah diberikan kepada pemustaka, 2) Kompetensi apa saja yang dibutuhkan pustakawan dalam melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan yang unggui dan prima, 3). Permasalahan yang dihadapi pustakawan dalam melaksanakan layanan perpustakaan. Adapun hasil dari tulisan ini adalah 1). Pustakawan harus meningkatkan kompetensinya, 2). Perpustakaan dapat membuat evaluasi diri untuk meningkatkan kualitas layanan, 3). Perpustakaan menyediakan kotak kritik dan saran, 4). Pustakawan ditugaskan sesuia dengan kompetensi yang dimiliki.


Keywords


competence; librarian; library services; university library

Full Text:

PDF
rticle

References


Annisa, Fitra Febri. 2015. Problematika Kinerja Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 4, No. 1, September 2015, Seri A Burhanudin. 2013. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Pustaka Pelajar Hermanto, Bambang. 2015. Permasalahan Seputar Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/43193/Permasalahan- Seputar-Layanan-Sirkulasi-di-Perpustakaan-Perguruan-Tinggi. Diakses tanggal 15 Nopember 2019 Jam 09.15 WIB Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak Kaswan. 2016. Pengembangan manajemen: mempersiapkan dan mengembangkan calon dan manajer yang efektif. Bandung : Alfabeta Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 83 tahun 2012 tentang SKKNI Bidang Perpustakaan Lasa HS. 1995. Jenis-jenis Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Martoatmojo, Karmidi. 2008. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta : UT Nashihuddin, Wahid. 2015. Strategi peningkatan kompetensi dan profesionalisme pustakawan di Perpustakaan Khusus. Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol. 24 No. 2 Oktober 2015 hal. 51-58 Qolyubi, Syihabuddin. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi . Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Rohmadi, Muhammad. 2018. 7 Kunci Sukses menjadi Pustakawan Kreatif di Era Industri 4.0.Surakarta: Yuma Pustaka Suparyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia: Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta: Andi Undang-undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nusantara




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v5i2.36211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Jurnal Pustaka Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.