OPTIMALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MELALUI PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA NETWORKING SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA PERPUSTAKAAN DAN PEMUSTAKA

Haryanto Haryanto

Abstract


Terbatasnya layanan perpustakaan oleh jarak dan waktu membuat pustakawan berkreativitas dengan memanfaatkan media sosial dalam memberikan layanan. Media sosial merupakan media yang dapat digunakan oleh perpustakaan untuk promosi, informasi, transaksi, silaturahmi, komunikasi, berbagi atau sharing, dan juga
pengembangan diri. Dengan media sosial, perpustakaan dapat membuat grup yang digunakan untuk mengorganisasi pemustaka sehingga komunikasi antara pemustaka
dan perpustakaan dapat dilakukan dengan optimal. Agar media sosial untuk layanan perpustakaan perguruan tinggi berjalan efektif, diperlukan penyediaan sumber daya manusia yaitu pustakawan atau staf perpustakaan (admin) yang khusus bertugas memantau media sosial milik perpustakaan, tata tertib grup dibuat oleh perpustakaan, kemampuan pustakawan dalam penelusuran informasi yang tidak terbatas pada koleksi di tempatnya, dan nomor rekening perpustakaan. Dengan berbagai ketentuan tersebut, komunikasi antarperpustakaan dan pemustaka akan berjalan dan media sosial dapat digunakan sebagai media komunikasi untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka secara optimal.

Kata kunci: media sosial, optimalisasi layanan, perpustakaan perguruan tinggi


Full Text:

PDF
rticle

References


Boyd, D. M. & Ellison, N. B.. 2007. “Social Network Sites:Defi nition, History, and Scholarship”.Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), pp: 210 - 230.

Charnigo, L. & Barnett-Ellis, P.. 2007). “Checking Out Facebook.com: The Impact of a Digital Trend on Academic Libraries”. Information Technology and Libraries, 26(1), pp: 23 - 34.

De Rosa, C., Cantrell, J., Havens, A., Hawk, J., Jenkins, L.,Gauder, B., Cellentani, D.. 2007.Sharing, Privacy Andtrust in Our Networked World: A report to the OCLC Membership.Dublin, OH: OCLC Online Computer Library Center.

Facebook. 2011. Factsheet Retrieved 08/20, 2011, from http://www.facebook.com/press/info.php?factsheet

Kaplan, Andreas M. & Haenlein, Michael.. 2010. “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media”. Business Horizons, 53(1), pp: 59 – 68

MacAdam, B.. 1998. “Creating Knowledge Facilities for Knowledge Work in the Academic Library”. Library Hi Tech, 16(1), pp: 91 - 99.

O’Dell, S.. 2010. “Opportunities and Obligations for Libraries in a Social Networking Age: A Survey of Web 2.0 and Networking Sites”. Journal of Library Administration, 50(3), pp:237 - 251.

Powell, Juliette. 2009. “33 Million People in The Room: How to Create, Infl uence, and Run a Successful Business with Social Networking”. Pearson Education, Inc., from https://idv.sagapub.com/cgi/content/abstract/23/4/266

Seufert, Andreas, Georg, Von Krogh & Andrea, Bach. 1999. “Towards Knowledge Networking”.Journal of Knowledge Management, 3(3), pp: 180 - 190.




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v1i1.33090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.