Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan Cultural Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N Pajang 1
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, F. (2020). Meningkatkan Keterlibatan Siswa melalui Project Based Learning dan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 145-158.
Azizah, N., & Fathurrahman, M. (2024). “Pemanfaatan Media Canva Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Pada Pembelajaran IPAS di SD.” Jurnal Sekolah PGSD, 8(2), 296-302.
Dakhi, O. (2022). “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar.” Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.
Hidayati, S., & Nugroho, D. (2021). "Efektivitas Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 112-124.
Khalisah, H., est. (2024). “Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember.” Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.
Lasminawati, E., est. (2023). “Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning.” Journal of Science and Education Research, 2(2), 44-48.
Lomu, L., & Widodo, S. (2018). “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745-751.
Ningrum, A. (2017). Penerapan Culturally Responsive Teaching dalam Meningkatkan Konstruksi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(2), 95-105.
Nugroho, Y. (2018). Peran Kuis dalam Evaluasi Pemahaman Materi Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(3), 55-68.
Nurhadiyati, A., est. (2021). “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333.
Prabowo, D. (2022). Efektivitas Culturally Responsive Teaching dalam Mengaktifkan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(3), 55-67.
Rina, P. (2022). Efektivitas Apersepsi dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 14(1), 23-35.
Rumiatiningsih. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023.” Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial, 1(2), 47-54.
Sari, A., & Prasetyo, B. (2021). "Pentingnya Keterkaitan Konsep Pelajaran dengan Keseharian Siswa untuk Meningkatkan Daya Ingat". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 77-90.
Sari, D. (2019). Efektivitas Pemberian Pertanyaan dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 13(2), 83-95.
Wibowo, S. (2019). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 63-75.
Yuliana, S., & Rahman, A. (2019). "Peran Evaluasi dalam Menilai Pencapaian Tujuan Pembelajaran". Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 12(3), 78-89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.