UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN

Putri Ramadhanti, siswandari siswandari, Asri Diah Susanti

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this research was to obtain empirical evidence regarding the increase in accounting learning motivation of student in class XI AKL 2 SMK through the application of the model learning Think Pair Share assisted by paired media cards. This research was a classroom action research. The subjects of this study were students in class XI AKL 2  of Vocational High School, totaling 18 students. The data collection techniques used in this study are observations and questionnaire. Data validity test used was construct validity. Data analysis techniques of this research are descriptive quantitative and qualitative descriptive analysis. The applied research performance indicator was 75%. The results of this research indicated that the application of the model learning Think Pair Share assisted by paired media cards can increase motivation to learn. Improved learning motivation were shown by an increase in the observation score of motivation to learning accounting in the implementation of the first cycle by 61,28% an increase in the second cycle of 83,33%. while from the questionnaire score motivation to learning accounting on pre action is 58,74%, the first cycle is 71,53%, and the second cycle is 85,97%.

 

Keywords: think pair share, paired cards, learning motivation

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI AKL 2 SMK melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media kartu berpasangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 2 SMK yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share  berbantu media kartu berpasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor observasi motivasi belajar akuntansi pada pelaksanaan siklus I sebesar 61,28% mengalami kenaikan di siklus II menjadi 83,33%. Sedangkan dari skor angket motivasi belajar akuntansi pada pratindakan sebesar 58,74%, pada siklus I sebesar 71, 53%, dan pada siklus II 85,97%.

 

Kata kunci:  think pair share, kartu berpasangan, motivasi belajar

 


Full Text:

PDF
rticle

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90.

Bakar, R. (2014). The Efect Of Learning Motivation On Studen’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal Of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Cahyaningsih, Ulfah. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: FE Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewanti, R. A., Prihatin, J., & H, S. A. (2014). Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-6.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-96.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Hetika., Farida, Ida., & Sari, Y. P. (2017). Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Students’s Learning Motivation and Learning Achievement. Dinamika Pendidikan, 12(2), 125-135.

Ikhtiarfan, Yanza. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Siswa Kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Tanpa Dipublikasi. Yogyakarta: FE Universitas Negeri Yogyakarta

Kurniasari, R. (2016). Penggunaan Media Kartu Tebak Kata Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Perekonomian dalam Masyarakat. STKIP Sebelas April Sumedang, 7(2), 91-102.

Kurniawan, H., & Istiningrum, A. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 114-134.

Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyati, O., & Taman, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7 (1), 1-16

Rahayu, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Berpasangan dalam Pembelajaran IPS Ekonomi di Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 1-10.

Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovasi. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP, 2(1), 37-54.

Syafriatna, I., & Yushita, A. N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2), 16-26.

Widoyoko, E, P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126