Pengembangan Panduan Achievement Motivation Training untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP

Hidayatul Isnaeni, Asrowi Asrowi, Ribut Purwaningrum

Abstract

Abstract: This research and development aim to produce a product in the form of an achievement motivation training guidebook to improve academic efikasi diri for junior high school students in Karanganyar. This study uses a research and development design but is limited to expert validity testing. The subject of this product is 2 guidance and counseling experts. The data used to measure the level of product validity are expert test questionnaires and analyzed using the inter-rater agreement model. The results of the expert validity test analysis using the inter-rater model are in the very high category. for the LKPD book, the results of the validity test are 0.95 which belongs to the very high category. From these results, it is hoped that the next researcher can proceed to the next stage, namely the practicality test and the effectiveness test.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan  ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan achievement motivation training untuk meningkatkan efikasi diri akademik pada peserta didik SMP di Karanganyar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan, namun terbatas hanya sampai dilakukan uji validitas ahli. Subjek produk ini adalah 2 orang ahli bimbingan dan konseling. Data yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas produk yaitu  angket uji ahli dan dianalisis menggunakan inte-rater agreement model. Hasil analisis uji validitas ahli menggunakan inter-rater model masuk pada kategori sangat tinggi. untuk buku LKPD hasil uji validitasnya adalah sebesar 0,95 yang tergolongan kategori sangat tinggi. Dari hasil tersebut diharapkan peneliti berikutnya dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji kepraktisan dan uji keefektifan.

Keywords

Keywords: Guidebook, Academic Efikasi diri, Achievement Motivation Training

Full Text:

PDF

References

Borg & Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Logman Inc.

Cervon & Pervin. (2012). Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Ditantyanov, A., Hidayati, F., & Sari, D.R. (2010). Pengaruh Pelatihan Berfikir Positf Pada Efikasi Akademik Mahasiswa (Studi eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi UNDIP Semarang). Jurnal Psikologi Undip, 8 (2), 135 – 144.

Gregory, R.J. (2013). Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Lestari, N.A. (2015). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Pangkalan Balai Banyuasin III. Jurnal Psikologi, 14 (1), 7 – 11.

Putra, M.E., Handarini, D.M., & Muslihati. (2019). Keefektifan Achievement Motivation Training untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4 (2), 62 – 68.

Rachmawati, M.A. (1999). Pengaruh Achievement Motivation Training Terhadap Peningkatan Self efficacy Pada Siswa SMU. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Jilid 1 edisi kesebelas. Jakarta: PT Erlngga.

Setiawan, M. A. (2015). Model Konseling Kelompok Dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4 (1), 8 – 14.

Sriyanti, L. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Tung, K.Y. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Yulia, Y.V. (2010). Efektivitas AMT (Achievement Motivation Training) dengan Pendekatan Sepiritual Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Mahasiswa Tingkat Awal dalam Pengesuaian Akademik. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.