Penggunaan Teknik Role Playing and Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik

Risky Desi Permatasari, Asrowi Asrowi, Edy Legowo

Abstract

Abstract: This research aims to obtain data related to the Use of Role-Playing and Modeling Techniques to Improve Students' Interpersonal Communication Skills. The research method used is library research. The data analysis technique used is the content analysis reviewed from several references and literature. The results showed increased students' interpersonal communication skills after the intervention. This is evidenced by (1) The theoretical basis; (2) Purpose of use; (3) the successful use of role-playing and modeling techniques; (4) Implementation procedure; (5) The technique used; (6) learning objectives; (7) Recommendations for the use of role-playing techniques; (8) The relationship between the use of role-playing and modeling techniques in improving interpersonal communication skills by imitating and playing role play until these skills increase so that over time it will shape individual traits and behavior.

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendapatkan data terkait Penggunaan Teknik Role Playing dan Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yang ditinjau dari beberapa referensi dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa setelah dilakukan intervensi. Hal ini dibuktikan dari (1) Landasan teori; (2) Tujuan penggunaan; (3) Keberhasilan penggunaan teknik role playing dan modeling; (4) Prosedur pelaksanaan; (5) Teknik yang digunakan; (6) Sasaran belajar; (7) Rekomendasi penggunaan teknik role playing; (8) Hubungan penggunaan teknik role playing dan modeling dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dengan meniru dan memerankan role play sampai keterampilan tersebut meningkat sehingga lama kelamaan akan membentuk sifat dan perilaku individu.

Keywords

Role Playing and Modeling; Interpersonal Communication; Literarure Study

Full Text:

PDF

References

Astianingrum, Y. (2013). Efektifitas bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nguter Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2012-2013. Digilib UNS.

Berelson. (1952). Content Analysis in Communication Reseach. New York: Free Pers.

Burra, P. M. B. (1972). Role Playing A Method of Teaching Interpersonal Skills. Canadian Psychiatric Association Journal, 17 (3), 189-193.

Devito, J. A. (1992). The Interpersonal Communication Book. New York: Harpen Collins Publishers.

Dharmayanti, P.A. (2013). Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Internasional Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3), 256-265.

Gangadharrao, K. M. (2012). Effectiveness of Role Playing Model in Teaching at Secondary Level:A Study. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2012-2013. Digilib UNS.

Goodwin, D. L. & Coates, T, J. (1976). Helping Students Help Themselves. Englewood Cliffs: Prentice-Hall

Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Hartley, Peter. (1999). Interpersonal Communication Second Edition. New York: Routledge.

Hargie, Owen & Dickson, David. (2005). Skilled Interpersonal Communication Fourth Edition. London: Routledge.

Hayes, J. (1991). Interpersonal Skills Goal-direct Behaviour at Work. New York: British Library.

Hergenhahn, B.R., & Olson, M. H. (2009). Theories of Learing. Jakarta: Kencana.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hitipeuw, Imanuel. (2009). Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Jannah, M. (2019). Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Grogol Kab. Sukoharjo. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas IAIN Surakarta. Tahun 2019. LPPM IAIN.

Ilhamsyah, M. R. (2016). Keterampilan komunikasi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Tahun 2016, Hlm. 21. LPPM UINSBY.

Istiadah, F. N. L. (2015). Efektivitas Teknik Pelatihan Asertif dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Pendidikan Indonesia. Hlm. 8. LPPM UPI.

Kartono, Kartini. (2006). Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan Chaplin, J.P.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kuhlthau. (2002). Teaching Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.

Kurniawati, N. K. (2014). Komunikasi Antarpribadi: Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, D. A. (2016). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Mengurangi Prasangka Sosial pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2018-2019. Digilib UNS.

Lianawati, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 14 (26), 188-193.

Liliweri, A. (1994). Perspektif Teoris Komunikasi Antarpribadi (Suatu Pendekatan ke Arah Psikologi Sosial Komunikasi). Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Martin, A. J. & Dowson, M. (2009). Interpersonal Relationships, Motivation, Engagement, and Achievement: Yields for Theory, Current Issues, and Educational Practice. Journal Review of Educational Research, 79 (1), 327-365.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ni’mah, M. (2010). Hubungan antara komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada remaja di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2018-2019. Digilib UNS.

Nurjanah, Siti. (2014). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Materi Akhlak Terpuji Bagi Siswa. Surabaya: UIN

Pearson, J. C. dkk. (2003). Human Communication. New York: The McGraw-Hill Companies.

Qodri, S. (2015). Keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan kelas peserta didik kelas VIII SMP (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2014-2015. Digilib UNS.

Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Jakarta: Depdikbud.

Sari, Y. N. (2018). Urgensi Pengembangan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Interpersonal Peserta Didik melalui Role Playing. Jurnal Konselor, 7 (3), 89-94.

Sapitri, R. (2019). Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2018-2019. Digilib UNS.

Saptono. L. (2010). The Implementation of Role-Playing Model in Principles of Finance Accounting Learning to Improve Students’ Enjoyment and Students’ Test Scores. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun 2018-2019. Digilib UNS.

Sembiring, K. (2017). Assertiveness Training melalui Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Psikopedagogia, 6 (1), 1-8.

Septa, A. R. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII Mts Al-Ikhlas Tanjung Bintang Tahun Pelajaran 2017/2018. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Tahun 2017-2018. LPPM UIN Raden Intan.

Shaftel & Shaftel. (1967). Role Playing for Social Values Decision-Making In The Social Studies. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sha’adhah, Z., Hobri, Setiawan, T. B. (2013). Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Mengurangi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII A SMPN 1 Sukowono Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, 4 (2), 27-38.

Sufis, I. R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Metode Role Playing pada Anak di SD Negeri 2 Gombong. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugihartono. (2006). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Surakhmad, W. (1980). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar, dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Sullivan, H. S. (1996). Interpersonal Theory and Psychotherapy. New York: Routledge.

Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Utaminingsih, D. dkk. (2018) Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA N 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Negeri Lampung Tahun 2016-2017. LPPM UNILA.

Wiryanto. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo

Wicaksono, G. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya)

Yantika, P. S. (2018). Keefektifan Teknik Modeling and Role Playing untuk Meningkatkan Self Leadership Peserta Didik Kelas X SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2017-2018. LPPM UNY.

Yanto. A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1 (1), 53-57.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.