Kontribusi Keterampilan Belajar terhadap Prestasi Siswa

Rizky Yudho Prakoso, Wagimin Wagimin, Rian Rokhmad Hidayat

Abstract

Abstract: This study aims to determine the contribution of learning skills to the achievement of high school students. This research is a correlational study that aims to determine whether there is a relationship between the independent variable and the dependent variable. The independent variable in this study is learning skills (X), while the dependent variable is student achievement (Y). Furthermore, data collection was carried out using a questionnaire technique for learning skills data and test scores for student achievement data to determine the contribution of learning skills to student achievement. The population in this study were students 429 students, and 129 students were taken as samples. The study results are based on data testing using Simple Linear Regression. The regression equation Y = 55.561 + 0.165 X means that for every 1% addition of learning skills, student achievement will increase by 0.165. Based on the calculation of the R square obtained, the value of R = 0.510 and R square = 0.260. This shows that the contribution of learning skills to the achievement were 26%, which means that learning skills influence 26% of student achievement.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keterampilan belajar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini adalah keterampilan belajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi siswa (Y). Selanjutnya, untuk mengetahui kontribusi keterampilan belajar terhadap prestasi siswa, pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data keterampilan belajar dan hasil nilai ulangan untuk data prestasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 429 siswa dan diambil 129 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian yaitu berdasarkan uji data dengan menggunakan Regresi Linier Sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 55,561 + 0,165 X yang berarti setiap penambahan 1% keterampilan belajar maka prestasi siswa akan meningkat 0,165. Berdasarkan dari perhitungan R square diperoleh nilai R = 0,510 dan R square = 0,260. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi keterampilan belajar terhadap prestasi siswa adalah sebesar 26% yang artinya 26% prestasi siswa dipengaruhi oleh keterampilan belajar.

Keywords

Learning Skills; Student Achievement; High School Students

Full Text:

PDF

References

Andriyati, S. (2016). Hubungan Keterampilan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Muaro Jambi. Jambi: Skripsi FKIP Universitas Jambi.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Maryati, T. (2016) Kontribusi Keterampilan Mengajar, Keterampilan Belajar dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kesadaran Metakognitif serta Dampaknya pada Pencapaian Kompetensi Perakitan Komputer Siswa SMK Se-Kota Malang. Jurnal Online. Universitas Negeri Malang.

Sudjana, (2002). Teknik Analisi Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: PT. Tarsita

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. (2003). Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Winkel, W.S dan Hastuti, S. (2007). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yamin, M. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.