Alam dan ilmu berpadu: inovasi kurikulum SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta untuk tingkatkan softskill

Amirul Hakim Alfarizi, Ulya Tsani Istighfari, Laili Khiyarul Afifah, Aisyah Nurul Aini, Nurul Arfinanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan soft skills dalam manajemen kurikulum berbasis alam memberikan dampak positif terhadap mutu pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMP IT Alam Nurul Islam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap: pertama, tahap pra-kerja lapangan; kedua, tahap kerja lapangan; dan ketiga, analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, sekolah tidak hanya mengutamakan prestasi akademik tetapi juga berfokus pada pengembangan soft skills siswa. Berbagai inovasi diterapkan untuk melatih berpikir kritis, adaptabilitas, kerja sama tim, komunikasi, dan pengembangan profesional minat dan bakat siswa. Kesimpulannya, penerapan manajemen kurikulum berbasis alam mendukung peningkatan soft skills sekaligus mencapai capaian pembelajaran akademik.

Keywords

Curriculum Management, Nature-based Curriculum, Integrated Islamic School Curriculum, Soft Skill

Full Text:

PDF

References

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ma'dan, M., Ismail, M. T., & Daud, S. (2020). Strategies to enhance graduate employability: insights from Malaysian public university policy-makers. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 17(2), 137-165.

Shen, J., & Luo, Q. (2022). The construction and application of regional education quality monitoring databases: A case study of Suzhou’s education quality monitoring. Best Evidence in Chinese Education, 12(2), 1613-1628.

Yusuf, O. Y. H., Devi, W. O., Silfana, I., Sunarni, S., Lisnawati, L., Marwah, W. O. Z., ... & Helni, W. O. (2024). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 228-234. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.1096

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-29.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, M. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Jogjakarta: Diva Prees.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriatna, N. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup: Pendekatan Ekologis dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jumiyati, Sri. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. hal 31-40.

Purwanto, A. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1), 335–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1928

School of Universe. (n.d.). Kurikulum. School of Universe. https://school-of-universe.com/profile/kurikulum

Sumiyarsi, T. E. (2015). [KONSEP SEKOLAH ALAM DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA DITINJAU DARI INTERIOR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN] (No. 27125). Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/27125/1/TAS%20TRI%20ENDANG%20SUMIYARSIH.PDF

Jayanti, T. D. (2012). Pengembangan Diri Siswa SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Retrieved from Digilib UIN SUKA: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10363/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Muhammad, Fauzy Agustian. dkk. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Literasi Financial, 2(1), 73-80. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.775

Budiarti, Erna. dkk (2023). Manajemen Pendidikan dalam Membangun Karakter Peserta Didik melalui City Adventure Karawang Kota Bahari. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3498-3504,

Loso, Judijanto. dkk. (2024). Analisis Pengaruh Kemitraan Sekolah-Industri dan Program Magang terhadap Keterampilan Kerja dan Kesiapan Karier Siswa SMK di Jawa Tengah, 3(3), 378-388. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i03.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.